DetikSport
Minggu 05 Agustus 2018, 05:44 WIB

Start Posisi Dua, Rossi Masih Menyimpan Kekhawatiran

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Start Posisi Dua, Rossi Masih Menyimpan Kekhawatiran Valentino Rossi start dari posisi dua di MotoGP Ceko. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Valentino Rossi akan memulai balapan MotoGP Republik Ceko dari posisi dua. Kendati dalam posisi bagus, Rossi punya kekhawatiran soal laju balapan.

Rossi menuntaskan kualifikasi di Autodromo Brno, Sabtu (4/8/2018) di posisi dua. Rider Movistar Yamaha itu diapit Andrea Dovizioso yang meraih pole dan Marc Marquez di urutan ketiga.

Juara dunia sembilan kali itu merebut posisi dua lewat upaya dramatis, di mana dia naik dari posisi 12 di momen-momen akhir. Rossi sendiri sebenarnya sudah sempat merebut posisi teratas di sesi ketiga, tapi dia mengaku khawatir dengan laju balapan.




Rossi belum menemukan kombinasi ban yang pas untuk balapan.

"Selama latihan saya kesulitan, saya selalu kesulitan karena laju saya sayangnya tak terlalu bagus. Kami mencoba memahami hal-hal yang berbeda dari motor, tapi khususnya perbedaan antara kombinasi ban, depan dan belakang," kata Rossi dilansir Autosport.

"Jadi kami melakukan banyak tes. Tapi secara umum dengan semua jenis ban, kami tak terlalu kencang," tambahnya.

Rossi memang memulai sesi latihan dengan fokus ke ban medium di hari Jumat. Dia baru mengalihkan fokus ke ban hard dan soft pada hari Sabtu.

Sementara laju dengan ban soft sudah cukup oke, dia belum mendapatkan setelan pas dengan ban hard yang akan lebih awet untuk balapan.




"Bagi saya merupakan sebuah kesalahan untuk tak mencoba ban jenis hard kemarin. Karena mungkin dengan lebih banyak putaran kami bisa memahami situasi lebih baik," sambung Rossi.

"Apapun itu, saya mencobanya pagi ini dan sore tadi. Masalahnya adalah saya tak terlalu kencang. Biasanya saya tak terlalu senang dengan perjudian."

"Ya, kalau Anda menggunakan ban soft maka Anda lebih cepat di awal. Tapi untuk saya, sulit untuk sampai ke akhir balapan dengan ban ini. Kita harus melihat, terutama soal temperatur karena kalau temperaturnya rendah, mungkin lebih mudah," tandasnya.



(raw/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed