DetikSport
Kamis 09 Agustus 2018, 01:35 WIB

Rossi: Setelan Elektronik Yamaha Tidak Seagresif Honda-Ducati

Yanu Arifin - detikSport
Rossi: Setelan Elektronik Yamaha Tidak Seagresif Honda-Ducati Valentino Rossi (46) tertinggal dari Andrea Dovizioso (04) di MotoGP Republik Ceko akhir pekan lalu. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Brno - Valentino Rossi menilai Yamaha tidak membuat pendekatan agresif untuk perangkat elektroniknya. Setelan Garpu Tala disebut tidak seagresif Honda dan Ducati.

Perangkat elektronik diklaim Rossi menjadi kelemahan motor Yamaha YZR-M1 2018. Hal itu ia identifikasi sejak pramusim MotoGP 2018, di mana ia kesulitan dengan traksi bagian belakang motornya.

Hal itu kembali dirasakan Rossi di MotoGP Republik Ceko akhir pekan lalu. Sempat memimpin race, kecepatannya terus melorot dan akhirnya kalah dari Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, serta Marc Marquez.




Rossi menilai, Yamaha harusnya bisa membuat setelan perangkat elektronik yang lebih agresif untuk mengatasi kendala tersebut. Sesuatu yang dinilai mampu dilakukan Honda dan Ducati.

"Yamaha membuat kesalahan dalam pendekatannya terhadap spesifikasi unit elektronik. Itu dirancang untuk mengurangi kesenjangan antara motor utama dan satelit, jadi ada race yang lebih kompetitif. Yamaha percaya akan hal ini," kata Rossi dikutip Autosport.

"Namun, yang lain bisa menemukan cara untuk membuatnya berfungsi seperti membuat kustom elektronik. Honda dan Ducati memiliki pendekatan yang lebih agresif, sementara Yamaha sedikit lebih kalem dan kami harus mencoba dan mendorong mereka lebih berani ," tambahnya.




Hasil di MotoGP Ceko menandai 20 race tanpa kemenangan diraih Yamaha. Rossi kini masih di posisi dua klasemen MotoGP 2018 dengan 132 poin, terpaut 49 poin dengan Marquez.

"Amat disayangkan dalam performa bagus dan motor sedikit tertinggal dari yang lain, kami harusnya memiliki segalanya yang diperlukan untuk menang," lanjut Rossi.

"Sayangnya ini adalah situasi dan sudah begini sejak lama, karena sudah ada 20 balapan tanpa kemenangan. Saya sudah maksimal, tapi itu tidak cukup," jelasnya, jelang berpacu di MotoGP Austria yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (12/8/2018).



(yna/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed