detiksport
Follow detikSport
Minggu, 23 Sep 2018 20:00 WIB

Menangi Duel Sengit dengan Dovizioso, Marquez Juara MotoGP Aragon

Yanu Arifin - detikSport
Marc Marquez menjuarai MotoGP Aragon 2018, Minggu (23/9/2018). (Foto: Heino Kalis/Reuters) Marc Marquez menjuarai MotoGP Aragon 2018, Minggu (23/9/2018). (Foto: Heino Kalis/Reuters)
Alcaniz - Marc Marquez keluar sebagai juara MotoGP Aragon 2018. Pebalap Repsol Honda itu finis pertama usai memenangi duel sengit dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso.
Dalam balapan di Sirkuit Aragon, Minggu (23/9), Marquez start dari posisi ketiga di bawah dua rider Ducati yakni Jorge Lorenzo dan Dovizioso. Marquez bisa start dengan apik dan konsisten hingga akhir.

Usai Lorenzo crash sejak awal, praktis cuma Dovizioso lawannya. Sempat lama membuntuti, Marquez akhirnya bisa menyalip Dovi. Sempat mendapat perlawanan beberapa kali, akhirnya The Baby Alien bisa finis pertama. Dovi sendiri finis kedua, diikuti Andrea Iannone dan Alex Rins di tempat ketiga dan keempat. Dani Pedrosa sendiri menutup posisi lima.

Di tempat keenam hingga sepuluh diisi Aleix Espargaro, Danilo Petrucci, Valentino Rossi, yang melesat dari peringkat start ke-18, Jack Miller, dan Maverick Vinales.

Jalannya Balapan

Sesuai prediksi, Lorenzo, Dovizioso, dan Marquez langsung melesat sejak start. Sial bagi Lorenzo, ia langsung crash dengan cukup keras di Turn 1. Dovi, diikuti Marquez, memimpin lap pertama di Aragon.

Di tempat ketiga dan keempat ada dua rider Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins yang startnya cukup apik. Sementara Dani Pedrosa cukup nyaman merebut tempat kelima. Posisi ini bertahan hingga beberapa lap ke depan.




Sementara Rossi yang start dari posisi 18, perlahan tapi pasti bisa merangsek ke atas. The Doctor dalam hitungan beberapa lap, sudah masuk ke-10 besar. Sementara Vinales cukup kesulitan usai start dari posisi bawah usai kena penalti.

Hingga lap ke-10, persaingan di posisi depan masih cukup ketat. Dovi sebagai pemimpin race sementara, cuma unggul kurang dari satu detik dari Marquez di tempat kedua, Rins ketiga, dan Iannone keempat.

Di lap ke-13, Marquez yang cukup konsisten membuntuti Dovizioso akhirnya bisa menyalip sang lawan. Namun di lap ke-15, Dovi bisa merebut kembali posisinya. Lewat sisi dalam, ia menyalip The Baby Alien untuk mengklaim posisi pertama lagi.

Memasuki lima lap terakhir, persaingan kian ketat. Marquez yang berupaya menyalip Dovizioso, malah mendapat perlawanan lain dari Iannone dan Rins yang rupanya bisa menempel keduanya. Bahkan Marquez, Dovi, dan Iannone nyaris bersenggolan.

Namun Dovi bisa keluar dari tekanan. Ia masih memimpin, sementara Marquez dan Iannone masih di belakangnya. Rins masih mengekor di peringkat empat saat menutup lap ke-19.

Memasuki lap ke-20, Marquez rupanya bisa menyalip Dovizioso lagi. Sambutan meriah pun diberikan fans Marquez dari tribun penonton. Sempat mendapat beberapa kali perlawanan lagi dari Dovi, Marquez tetap bisa mempertahankan posisinya. Marquez pun juara MotoGP Aragon, diikuti Dovi dan Iannone di tempat kedua dan ketiga. (yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed