detiksport
Follow detikSport
Minggu, 21 Okt 2018 14:48 WIB

Level 7 Marc Marquez

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Marc Marquez meraih titel juara dunia ketujuh di MotoGP Jepang 2018. (Foto: Toru Hanai/Reuters) Marc Marquez meraih titel juara dunia ketujuh di MotoGP Jepang 2018. (Foto: Toru Hanai/Reuters)
Motegi - Marc Marquez baru saja memastikan gelar juara dunia MotoGP 2018. Dengan demikian, Marquez telah mengoleksi tujuh titel juara di semua kelas.

Gelar juara MotoGP tahun ini dikunci Marquez setelah memenangi MotoGP Jepang. Rider Repsol Honda itu memenangi duel ketat dengan rivalnya, Andrea Dovizioso, di putaran-putaran terakhir dalam lomba yang digelar di Sirkuit Motegi, Minggu (21/10/2018) siang WIB.

Start keenam, Marquez melesat membayangi Dovizioso yang meraih pole di kualifikasi. Keduanya selalu berada di dua posisi terdepan di sepanjang balapan.


Momen penentuan Marquez terjadi di dua putaran terakhir, usai sebelumnya sukses menyalip rider Ducati itu. Dovizioso jatuh, sehingga si pebalap Spanyol mulus meluncur menuju garis finis.

Tambahan 25 poin membuat Marquez mengantongi 296 poin, 102 poin lebih banyak dari Dovizioso di posisi kedua. Mengingat kejuaraan hanya menyisakan tiga seri, Marquez tidak mungkin lagi bisa disalip.

Bagi Marquez, gelar ini adalah yang ketujuh di semua kelas. Pebalap berusia 25 tahun ini memperoleh gelar juara dunia pertamanya di kelas 125cc pada 2010 bersama Red Bull Ajo, kemudian meraih gelar juara keduanya di 2012 bersama Caixa Repsol Catalunya.


Di kelas primer, Marquez cuma sekali gagal juara dari enam musim pertamanya. Sebelum 2018, The Baby Alien memenangi MotoGP di 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Berdiri di atas podium, Marquez mengangkat sebuah papan bertuliskan 'Level 7 World Champion 2018'. Marquez kini sejajar dengan John Surtees, dan Phil Read, yang sama-sama mengoleksi tujuh gelar juara balap motor.

Marquez melengkapinya dengan 69 kemenangan, 115 podium, dan 78 pole position. Si pebalap juga sudah 60 kali mencatatkan waktu putaran tercepat.

Kini Marquez cuma tertinggal dua gelar saja dari Valentino Rossi, Mike Hailwood, dan Carlo Ubbiali yang sama-sama sudah mencetak sembilan titel juara di semua kelas.
Level 7 Marc MarquezFoto: Martin Bureau/AFP Photo




(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed