detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 29 Nov 2018 03:05 WIB

Rossi: Andai Balapan Besok, Kami Takkan Bisa Kompetitif

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Valentino Rossi mengeluhkan berbagai permasalahan di motornya yang belum teratasi. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi mengeluhkan berbagai permasalahan di motornya yang belum teratasi. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jerez - Valentino Rossi mengatakan, perkembangan mesin Yamaha yang di bawah dalam tes di Valencia dan Jerez tidak cukup. Yamaha belum akan mampu bersaing untuk menang.

Rossi cuma menempati peringkat 17 di hari pertama tes MotoGP Jerez, Rabu (28/11/2018). Mencetak waktu 1 menit 39,564 detik, the Doctor tertinggal 1,5 detik dari Danilo Petrucci yang menjadi pebalap tercepat bahkan berjarak 1,188 detik dari rekan setimnya Maverick Vinales di posisi keempat.

Sekalipun, hasil buruk Rossi disebabkan karena kegagalan mekanik ketika melaju menggunakan ban baru namun motor Yamaha juga masih bermasalah dengan kecepatan.

Yamaha membawa dua mesin baru di sesi ujicoba. Namun, Rossi mengungkapkan bahwa peningkatan di mesin-mesin itu justru bukan di aspek yang dibutuhkan.


"Masalahnya adalah, bagiku, kami belum membuat satu langkah besar," Rossi mengatakan di Autosport. "Ketika aku menunggangi motor, masalahnya kurang lebih sama (dengan musim reguler)."

"Di klasemen secara keseluruhan aku menuju ke belakang karena aku memiliki masalah ketika memakai ban baru, tapi terlepas dari itu, kalau Anda fokus pada kecepatan - itu yang terpenting - kami tidak terlalu cepat. Pebalap-pebalap di atas akan lebih cepat dibandingkan dengan kami."


"Masalahnya adalah tidak membuat pilihan yang tepat (dari dua mesin), masalah yang lain adalah satu atau mesin yang lain tidak meningkat di area yang kami butuhkan," sambung Rossi.

Salah satu masalah motor Yamaha adalah degradasi ban. Masalah itu belum juga bisa diatasi.

"(Dengan) ban baru kami memang cepat, Maverick sangat cepat, juga Franco (Morbidelli, rider Yamaha SIC). Setelah beberapa lap, semua pebalap Ducati juga Suzuki punya kecepatan yang lebih baik," sambung pebalap berusia 39 tahun itu.

"Yamaha harus paham bahwa ini tidak cukup. Kalau besok kami balapan, kami akan berada di posisi kelima, keenam, ketujuh - mungkin keempat kalau salah satunya jatuh, tapi kami tidak akan bisa bertarung untuk mendapatkan kemenangan," keluh Rossi.


(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed