detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 29 Nov 2018 09:25 WIB

Beda dengan Rossi, Vinales Merasa Cukup Kompetitif dengan Motor 2019

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Maverick Vinales merasa kompetitif dengan mesin 2019. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Maverick Vinales merasa kompetitif dengan mesin 2019. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Maverick Vinales merasa cukup nyaman dengan motor 2019. Rider asal Spanyol itu puas dengan konsistensi yang didapatkan dari mesin baru.

Vinales jadi pebalap kelima tercepat dalam tes MotoGP Jerez, Rabu (28/11/2018). Catatan waktu terbaiknya adalah satu menit 38, 376 detik yang berjarak 0,408 detik dari Danilo Petrucci yang jadi pebalap terdepan.

Catatan Vinales jauh berbeda dengan rekan setimnya, Valentino Rossi, yang harus puas di posisi 17. Rossi membukukan waktu terbaik satu menit 39,564 detik.




Usai tes, Rossi mengakui Vinales dan penunggan mesin Yamaha lainnya seperti Franco Morbidelli memang cukup kencang. Tapi masih belum cukup untuk bertarung di posisi terdepan dengan para rival dari Honda dan Ducati.

Rossi menilai kecepatan mesin 2019 relatif mirip dengan tahun ini. Selain itu penyaluran energi ke ban belakang belum optimal, sehingga ada pengikisan lebih besar dibandingkan dengan para rival. Ini yang membuat Yamaha lebih cepat mengendur selepas beberapa putaran.

Tapi Vinales mengaku bisa melaju secara konsisten dengan satu ban yang sama. Rider 23 tahun itu juga percaya catatan waktu masih bisa diperbaiki dari sektor lain, termasuk utak-atik setelan elektronik.




"Hari ini fokus pekerjaan kami adalah mesin. Tes yang sama dengan yang di Valencia, mencoba memahami bagaimana alurnya. Trek ini bahkan lebih sulit untuk kami ketimbang Valencia. Valencia lebih mudah," ungkap Vinales dikutip Crash.

"Kami tampil konstan, dengan banyak putaran pada ban yang kami pakai dan saya cukup senang. Itu bagus, bagus. Kami memakai ban-bannya sampai hampir 30 putaran jadi situasinya bagus karena saya masih bisa mencatatkan waktu putaran yang bagus sampai akhir usia ban."

"Rasanya kami masih bisa banyak berkembang dari elektronik, dengan dasar setelannya. Sekarang mesinnya bekerja agak berbeda sehingga motor bisa masuk tikungan lebih cepat. Saya harus sedikit mengubah gaya motornya. Sebelumnya saya cuma harus menghentikan laju motor, menegakkannya lagi, dan melaju. Sekarang saya bisa melaju dengan lebih natural dan mungkin saya bisa meningkatkan motor lebih jauh," imbuhnya.




Tonton juga video 'Wahai Para Bikers, Ada Pesan dari Rossi dan Vinales':

[Gambas:Video 20detik]

(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed