Dokter Kaget Marquez Bisa Juara Dunia dengan Bahu yang Cedera

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 09 Des 2018 10:16 WIB
Marc Marquez berkendara sepanjang 2018 dengan bahu cedera (Mohd Rasfan/ AFP)
Barcelona - Marc Marquez baru saja menjalani operasi untuk memulihkan kondisi bahunya. Ternyata cedera tersebut sudah dibawa Marquez sepanjang musim 2018.

Marquez mengalami dislokasi bahu selepas memastikan gelar di MotoGP Jepang. Pada 21 Oktober lalu, Marquez berbaring di salah satu sudut sirkuit Motegi. Pasca balapan, diketahui bahwa Baby Alien mengalami cedera bahu.

Operasi Marquez dilakukan di Dexeus Hospital di Barcelona, Selasa (3/12/2018) waktu setempat. Pembedahan itu dilakukan oleh dokter yang biasa menangani pebalap MotoGP, Dr Xavier Mir.



Butuh waktu sekitar enam pekan untuk masa pemulihan sebelum Marquez nantinya siap mengaspal lagi pada sesi pramusim di Malaysia 6-8 Februari mendatang.

Usai operasi tersebut, dokter Mir mengaku terkejut dengan kondisi bahu Marquez yang rupanya sudah lama bermasalah. Mir sekaligus takjub pebalap Spanyol itu masih bisa meraih titel juara dunia meski tak fit seratus persen.

"Saya hampir tidak mengerti bagaimana caranya dia bisa jadi juara dunia dengan kondisi seperti itu... itu membuatnya lebih tenang," ujar Mir kepada Marca.

Pasalnya Mir mengaku operasi Marquez terbilang rumit dan membutuhkan waktu lama mengingat banyak jaringan serta tulang bahunya yang bermasalah. Untungnya kondisi bahu Marquez sudah membaik.


"Tidak ada yang bisa menjamin 100 persen bakal memabik, tapi seperti operasi, bahkan ketika dia masih tertidur, kami masih melakukan tes kestabilan... menggerakan bahu ke seluruh arah dan tidak ada lagi dislokasi," sambungnya.

"Itu pertanda bagus karena ketika dia bangun, seluruh otot akan menyatu lagi dengan tulang."



(mrp/raw)