detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 31 Des 2018 16:48 WIB

Kaleidoskop 2018

Momen-Momen Terbaik MotoGP 2018

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Momen-momen terbaik MotoGP 2018. Foto: Heino Kalis/Reuters Momen-momen terbaik MotoGP 2018. Foto: Heino Kalis/Reuters
Jakarta - Kejuaraan MotoGP 2018 memang telah berakhir sejak November. Momen-momen menarik tersaji di sepanjang tahun ini. Apa saja?

Marc Marquez merajai kompetisi tahun ini. Rider Repsol Honda itu merebut gelar juara dunia dengan mendulang 321 poin usai memenangi sembilan dari 19 seri yang digelar.

Kesuksesan Marquez meraih gelar kelimanya di kelas primer memang menjadi salah satu momen paling menarik di MotoGP 2018. Namun, ada sejumlah momen lain yang menjadikan persaingan antara pebalap berlangsung seru.

1. Dovizioso Mengawali dengan Ciamik

Rider Ducati Andrea Dovizioso membuka musim 2018 dengan memenangi seri pertama di Losail, Qatar. Meski hanya start dari posisi kelima, Dovizioso memenangi pertarungan sengit melawan Marquez sampai tikungan terakhir untuk finis terdepan dengan selisih hanya 0,027 detik.


2. Perjudian Manis Miller di Kualifikasi Argentina

Rider Pramac Jack Miller dengan berani melakoni kualifikasi dengan ban slick saat Q1, yang berlangsung basah. Di awal Q2, lintasan mulai mengering dan perjudian Miller berbuah pole position, start terdepan untuk kedua kalinya sepanjang kariernya di MotoGP.

3. Marquez Tak Terkalahkan di Amerika Serikat

Setelah seri Argentina yang kacau di mana Marquez dua kali dipenalti karena membalap dengan sembrono, dia bangkit di Austin. Pada lintasan balap Circuit de Americas, rider Spanyol itu lagi-lagi dipenalti karena menghalangi laju Maverick Vinales saat kualifikasi. Akan tetapi, hukuman tidak bisa mencegah Marquez melesat untuk memenangi balapan dengan keunggulan 3,5 detik dari Vinales.

Kemenangan ini menandai kemenangan ke-12 Marquez beruntun pada balapan yang digelar di Amerika Serikat, termasuk seri-seri di Laguna Seca dan Indianapolis.

4. Dovizioso, Lorenzo, dan Pedrosa Crash di Jerez

Seri Spanyol di Sirkuit Jerez menjadi balapan untuk dilupakan bagi Dovizioso, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa. Ketiga pebalap top ini sama-sama jatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Secara keseluruhan ada tujuh pebalap yang jatuh. Marquez memaksimalkan nasib sial lawan-lawannya untuk menjadi juara di depan publik sendiri.

5. Dovizioso mematahkan rekor kecepatan MotoGP

Sesi latihan bebas MotoGP Italia menjadi momen horor bagi para pebalap Ducati. Yang pertama, Michel Pirro mengalami kecelakaan hebat saat melaju di kecepatan 350km/ jam di sesi pertama. Untungnya Pirro 'cuma' gegar otak dan dislokasi bahu.

Tidak lama kemudian, kolega Pirro, Dovizioso menciptakan rekor kecepatan dalam sejarah kejuaraan ini. Pebalap Italia itu sempat memacu Desmosedici-nya di angka 356,4 km/jam.

6. Penyelamatan Cemerlang Marquez di Barcelona

Setelah lolos dari kecelakaan di sesi latihan sebelumnya, Marquez kembali berhasil melakukan penyelamatan untuk menghindar dari jatuh. Marquez memakai lutut dan sikutnya saat melaju di kecepatan 150 km/jam untuk keluar dari tikungan terakhir.

7. Kejar-kejaran Lorenzo dan Marquez di Austria

Para penonton di Red Bull Ring terpukau dengan persaingan Lorenzo dan Marquez di MotoGP Austria. Kedua pebalap start di posisi tiga besar, di mana Lorenzo merebut pole position.

Awalnya, Dovizioso terlibat dalam persaingan untuk posisi terdepan. Namun, ia kemudian tercecer sehingga meninggalkan Lorenzo dan Marquez saja. Lorenzo akhirnya memenangi duel dengan Marquez di putaran terakhir dengan selisih hanya 0,13 detik.

8. Kualifikasi Sempurna Marquez di Kualfikasi Valencia

Marquez melakoni seri terakhir di Valencia tanpa beban setelah berhasil memastikan gelar juara dunia sejak di Jepang. Meski demikian, Marquez mengalami cedera bahu akibat mengalami crash di putaran awal Q2.

Marquez kemudian melakukan pemeriksaan di paddock dan memaksakan diri menyelesaikan sesi kualifikasi. Dengan menahan rasa sakit, Marquez mampu start di posisi kelima dengan selisih 0,13 detik saja dari Vinales di urutan terdepan. (rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed