detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 02 Feb 2019 21:58 WIB

'Sampai Balapan di Jerez, Marquez Belum Pulih 100 Persen'

Redzi Arya Pratama - detikSport
Pebalap Honda, Marc Marquez. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Pebalap Honda, Marc Marquez. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Proses pemulihan cedera bahu kiri Marc Marquez menunjukkan perkembangan positif. Tapi, Baby Alien ditegaskan takkan optimal sampai balapan keempat musim ini.

Setelah beristirahat selama dua bulan, Marquez bisa kembali menunggangi motor Honda. Meski begitu dia mengatakan bahwa masih ada beberapa hal yang belum maksimal terkait performanya di atas motor.

Marquez rencananya akan mengikuti tes pramusim di Sepang sepekan lagi. Meski begitu, fisioterapis Marquez, Carlos J Garcia, menjelaskan bahwa pebalap Spanyol itu masih butuh waktu beberapa bulan lagi untuk pulih total.

Seri keempat di Jerez pada 5 Mei 2019 disebut menjadi saat Marquez akan pulih 100 persen pasca operasi pada bulan Desember.




"Cedera ini hanya bagian anterior, pada proses pemulihan normal membutuhkan waktu antara 16 sampai 20 pekan sejak operasi. Atau antara empat sampai lima bulan," katanya kepada Marca.

"Itu realitasnya. Dia memiliki kekuatan super, tapi kenyataannya pemulihan bisa diperpendek. Semakin sering Anda rehabilitasi, semakin baik kondisi. Semakin banyak intervensi, semakin berhati-hati dirinya. Diperpendek sih bisa, tapi Anda tak akan memperpendek itu dari 16 pekan menjadi enam pekan."

"Anda bisa mengurangi waktu pemulihan dari 14 ke 12 pekan. Itu yang harus selalu ada di dalam pikirannya. Jika Anda melakukan itu semua, sampai Jerez atau Austin, Anda tak bisa mengatakan 'sekarang sudah 100 persen pulih'. Tidak sebelum itu," jelasnya.


(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed