detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 16 Feb 2019 16:45 WIB

Selamat Ulang Tahun, Rossi!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Valentino Rossi berulang tahun ke-40 pada 16 Februari (Grandyos Zafna Manase Mesah/detikSport) Valentino Rossi berulang tahun ke-40 pada 16 Februari (Grandyos Zafna Manase Mesah/detikSport)
Jakarta - Setiap tanggal 16 Februari, dunia MotoGP bersukacita merayakan kelahiran salah satu legenda hidupnya. Dia adalah Valentino Rossi yang kini berulang tahun ke-40!

Rossi lahir di Urbino tahun 1979, dari pasangan Graziano Rossi dan Stefani. Sejak kecil, Rossi sudah menyukai motorsport yang dimulai dengan karting hingga akhirnya jatuh cinta dengan motor.

Debut Rossi di balapan motor dimulai pada 1996 di kelas 125cc dan setahun setelahnya dia jadi juara dunia, untuk kemudian naik kelas ke 250cc pada 1998 dan jadi juara setahun kemudian. Rossi pun bisa menginjakkan kaki di MotoGP (dulu 500cc) pada tahun 2000 saat direkrut Honda.




Sisanya adalah sebuah sejarah karena Rossi menahbiskan dirinya sebagai pebalap terbaik di olahraga ini dengan torehan tujuh gelar juara dunia. Tiga gelar bersama Honda sedari 2001 hingga 2003 yang berlanjut di Yamaha pada 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Kini memasuki musim ke-19 di MotoGP, Rossi belum kehilangan semangat membalapnya bahkan di usia yang sudah menginjak 40 tahun, Sabtu (16/2/2019) dini. Pemegang rekor 89 kemenangan di kelas primer itu belum mau berhenti dan ingin terus membalap. Tapi, fisik tak bisa membohongi karena dia sudah sulit untuk bisa konsisten di barisan terdepan saat balapan.

Musim lalu jadi yang terburuk dalam karier Rossi bersama Yamaha, tanpa kemenangan sekalipun dan cuma lima kali naik podium. Kemenangan terakhirnya adalah di MotoGP Belanda 2017 dan Rossi kini bak mengulang cerita kelam dua tahun bersama Ducati yang juga tuntas tanpa podium pertama sama sekali.




Kini di usianya sudah menginjak 40 tahun, pertanyaan soal seberapa kompetitifnya Rossi di musim 2019 tetap ada. Kini, hanya Rossi yang bisa menjawabnya dan mungkin dengan motor baru yang lebih segar, dia dapat melakukannya.

Tapi, sebelum musim dimulai, ada baiknya kita mengucapkan Selamat Ulang Tahun, Rossi. Buon Compleanno, Vale!

Buon Compleanno, Rossi!Foto: Infografis Detiksport


(mrp/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed