detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 10 Mar 2019 20:23 WIB

Permainan Kucing-Tikus Antara Marquez dan Petrucci di Losail

Doni Wahyudi - detikSport
Marc Marquez menjadi kucing dan Petrucci menjadi tikus dalam kualifikasi MotoGP Qatar (Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez menjadi kucing dan Petrucci menjadi tikus dalam kualifikasi MotoGP Qatar (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Doha - Kalau bukan karena Danilo Petrucci, Marc Marquez tidak akan bisa dapat posisi start ketiga di MotoGP Qatar. Dua rider itu melakukan permainan kucing dan tikus di Losail.

Marc Marquez meraih posisi start ketiga pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar. Dalam dua kesempatan turun ke lintasan, Marquez menempatkan dirinya 'ditarik' (towing) oleh Petrucci.

Dengan mengekor Danilo Petrucci, Marquez mendapat keuntungan dari apa yang disebut slipstream. Sang juara dunia lebih sedikit terkena hambatan angin, sehingga bisa melaju lebih cepat dan punya catatan waktunya bisa lebih baik dari rider yang ada di depannya.



Dalam pernyataannya usai pertandingan, Petrucci mengakui dirinya kena diakali oleh Marquez.

"Marc menjadi kucing dan saya tikusnya. Dan dia menang hari ini," ucap Petrucci di Austosport.

"Dia punya strategi yang berjalan baik, saya (membantu) membuat strategi dia berhasil."

"Dia 100% memanfaatkan strateginya. Saya memberinya tarikan dan itu sangat berguna untuknya. Sayangnya, dia tidak melakukan hal yang ilegal. Yang pasti dia menunggu lama, tapi inilah balapan," lanjut Petrucci.



Marquez mengakui kalau dia memang menguntit Petrucci demi mendapat keuntungan. Apalagi Sirkuit Losail adalah salah satu trek paling menyulitkan untuknya.

"Ini Qatar, salah satu sirkuit paling sulit buat saya. Saya tahu kualifikasi akan berjalan berat, dan dalam kondisi seperti ini Anda harus cerdas. Kadang Anda harus mengikuti seseorang, tapi di kesempatan lain mereka mengikuti saya. Jadi selama datang di klub pebalap tim pabrikan," canda Marquez. (din/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed