detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 11 Mar 2019 01:26 WIB

Dovizioso Menangi Duel Sengit dengan Marquez di MotoGP Qatar

Doni Wahyudi - detikSport
Andrea Dovizioso memenangi balapan seru di MotoGP Qatar (REUTERS/Ibraheem Al Omari) Andrea Dovizioso memenangi balapan seru di MotoGP Qatar (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
Doha - MotoGP 2019 dibuka dengan balapan panas dan seru di Sirkuit Losail. Dalam race yang berlangsung sengit dari start sampai finis, Andrea Dovizoso jadi juaranya.

Dovizioso, yang start dari posisi dua, menjalani start gemilang untuk bisa memimpin balapan saat memasuki tikungan pertama. Maverick Vinales, yang menjadi pemilik pole, justru terlempar jauh ke belakang hingga posisi delapan. Marquez ada di posisi dua pada periode ini.

Juga tampil oke di awal race ini adalah Jack Miller. Pebalap Alma Pramac Racing itu menantang duel Marquez dan berhasil menyalip sang juara dunia untuk merebut posisi dua tak lama setelah start. Tapi Miller tak bisa berlama-lama ada di sana, dia sepertinya mengalami kendala yang membuat dengan cepat merosot keluar dari 10 besar.

Memasuki lap empat, Doviozo dan Marquez masih memimpin balapan. Sementara di barisan tengah Valentino Rossi mulai masuk 10 besar dan bertengger di urutan sembilan saat memasuki lap 4.



Setelah Miller menghilang, gantian merecoki persaingan di posisi terdepan adalah Alex Rins. Bukan cuma menyalip Marquez untuk duduk di posisi dua, rider 23 tahun dari tim Suzuki itu bahkan memimpin jalannya balapan.

Namun Rins tak bisa bertahan lama di posisi paling depan. Di lintasan lurus garis start/finish, Dovi merebut kembali posisi terdepan.

Bukan cuma Rins yang tampil oke di seri perdana ini. Joan Mir juga memikat di atas Suzukinya dengan ikut bertarung di baris terdepan.

Saat tiga pebalap di posisi terdepan, Rins, Dovi, dan Marquez, terlibat persaingan sengit, Rossi kembali memperbaiki posisinya. Dia naik ke urutan delapan untuk menempel rekan setimnya Vinales.



Marquez sempat keluar dari tiga besar saat posisinya diambil Petrucci, meski itu tak berlangsung lama.

Beralih ke baris belakang, Jorge Lorenzo menjalani malam yang berat pada debut bersama Repsol Honda. Sampai balapan menyisakan 10 putaran dia masih berada di urutan 17.

Balapan makin seru di lap-lap pamungkas. Saat race menyisakan tujuh putaran, Rins mengambil posisi dua dari Marquez. Di lap yang sama Rossi memperbaikin posisinya naik ke urutan tuijuh.

Marquez baru bisa masuk dua besar lagi pada saat balapam tersisa empat lap.

Klimaks balapan ini terjadi di dua lap pamungkas. Diawali dengan kesalahan yang dibuat Dovi sehingga Marquez bisa merebut posisi terdepan.

Namun Dovi bisa merebut kembali posisi satu saat melewati garis start-finis memasuki lap terakhir. Dari posisi dua, Marquez terus membayangi Dovi dengan ketat mencari celah untuk mencuri posisi terdepan di saat-saat terakhir.

Marquez mencoba merebut kembali posisi terdepan di tikungan terakhir sebelum garis finis. Meski sempat berada di depan, Marquez kehilangan momentum. Dovi berhasil melesat dan menyentuh garis finis di posisi pertama. Marquez finis kedua dengan selisih waktu sepersekian detik. (din/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed