detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 13 Mar 2019 09:41 WIB

Ducati Soal Winglet Ilegal: Di Qatar Tak Perlu Pendingin Ban Belakang

Lucas Aditya - detikSport
Rider Ducati, Andrea Dovizioso, pemenang MotoGP Qatar 2019. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images) Rider Ducati, Andrea Dovizioso, pemenang MotoGP Qatar 2019. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta - Kemenangan Ducati di MotoGP Qatar banyak diprotes. Bos pabrikan asal Italia, Gigi Dall'Igna, menilai bahwa pendingin ban belakang tak dibutuhkan di Losail.

Andrea Dovizioso menjadi pemenang di MotoGP Qatar 2019. Kemenangan, Senin (11/3/2019), diprotes oleh empat pabrikan, Honda, KTM, Suzuki, dan Aprilia karena menuding Ducati memakai komponen aerodinamis ilegal.

Mereka mempermasalahkan winglet yang terpasang di bagian depan ban belakang motor Ducati pada MotoGP Qatar. Komponen itu dinilai bisa membantu mendinginkan ban belakang.

Dall'Igna menjelaskan mengenai komponen Ducati itu. Alasan pendingin ban belakang balapan malam di Qatar dinilai mengada-ada.




"Pada faktanya, saya sudah melihat begitu banyak orang yang tak memiliki kemampuan berbicara mengenai hal ini. Bahkan saat pertemuan, mereka harus mendiskusikan protesnya, hanya ada satu teknisi, dari kami, Fabiano Sterlacchini," kata Dall'Igna di GPone.

"Yang lain sangat tidak berkaitan dengan teknis, juga kurang siap dengan isu itu."

"Sebagai contoh, satu hal yang saya dengar, dan itu membuat saya bingung, bahwa tak diperlukan untuk mendinginkan ban belakang di Qatar, karena sudah dingin."

"Qatar sangat menuntut untuk ban depan, dan banyak yang mempunyai masalah. Jadi, fakta yang banyak orang katakan tentang kami itu cuma alasan, mungkin mereka tak begitu mengerti," dia menambahkan.




(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed