detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Mar 2019 15:34 WIB

Sidang Banding Aero Ducati Digelar Sebelum MotoGP Argentina

Yanu Arifin - detikSport
Kemenangan Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar digugat, dan sidang banding akan digelar sebelum MotoGP Argentina akhir bulan mendatang. (Foto: Karim Jaafar/AFP) Kemenangan Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar digugat, dan sidang banding akan digelar sebelum MotoGP Argentina akhir bulan mendatang. (Foto: Karim Jaafar/AFP)
Jakarta - Empat tim mengajukan banding soal komponen aero Ducati, yang dianggap ilegal. FIM memutuskan sidang banding akan digelar sebelum race MotoGP Argentina.

Kemenangan Andrea Dovizioso di seri MotoGP Qatar, Minggu (10/3/2019), digugat Suzuki, Honda, KTM, dan Aprilia. Mereka mempermasalahkan komponen yang terpasang di bawah motornya.

Keempat tim meyakini, komponen itu punya fungsi aerodinamis, dan menghasilkan downforce, yang membantu motor melesat di trek. Sementara Ducati bersikukuh komponen itu cuma untuk mendinginkan ban dan sudah disetujui Technical Director sebelum race.




Protes keempat tim sempat ditolak oleh Steward MotoGP. Tak berhenti sampai di situ, Suzuki, Honda, KTM, dan Aprilia lantas mengajukannya ke Pengadilan Banding MotoGP.

Kabar terbaru, banding akan digelar sebelum race MotoGP Argentina yang berlangsung pada 29-31 Maret mendatang di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Sidang diyakini digelar untuk memperjelas aturan dan mengetahui produsen apa yang diperbolehkan mengembangkan teknologi ini.




Untuk hakim bandingnya, sejauh ini masih belum diketahui. Adapun semua tim yang terlibat dalam proses banding ini akan diundang, demikian dilansir Crash.

Crash menyebut, hasil di MotoGP Qatar masih bisa berubah andai sidang banding dimenangkan para tim penggugat. Di Qatar, Dovizioso mengalahkan Marc Marquez (Repsol Honda) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) di Sirkuit Losail.


(yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com