detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Mar 2019 16:54 WIB

Komponennya Dipermasalahkan, Ducati Ancam Laporkan Honda Soal Winglet

Yanu Arifin - detikSport
Aksi Andrea Dovizioso bersaing dengan Marc Marquez di MotoGP Qatar akhir pekan lalu. (Foto: Reuters) Aksi Andrea Dovizioso bersaing dengan Marc Marquez di MotoGP Qatar akhir pekan lalu. (Foto: Reuters)
Jakarta - Honda mempermasalahkan komponen motor Ducati di MotoGP Qatar. Bos pabrikan Italia itu, Gigi Dall'Igna menyebut bisa saja Honda juga diadukan soal wingletnya.

Kemenangan Andrea Dovizioso di seri pembuka MotoGP 2019 di Qatar dipermasalahkan Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia. Keempat pabrikan rival menuding Ducati menggunakan komponen ilegal yang membantu aerodinamis motor Dovizioso di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019).

Setelah protes keempat tim ditolak Steward MotoGP, kini kasus berlanjut ke Pengadilan Banding. Rencananya, sidang dengar pendapat akan digelar sebelum race MotoGP Argentina.




Ducati bersikukuh komponennya tidak punya fungsi aerodinamis. Dall'Igna mengaku, dirinya kaget dengan sikap Honda.

"Secara pribadi, saya terkejut dengan sikap Honda, yang merupakan salah satu anggota pendiri MotoGP bersama dengan Ducati dan Yamaha. Sampai saat ini, semua masalah teknis selalu diselesaikan dalam MSMA (Asosiasi Produsen Olah Raga Sepeda Motor, asosiasi pembangun)," jelasnya saat diwawancara Sky Sports.

"Terkadang kami berdiskusi bersama dengan direktur teknis dan selalu menemukan solusi. Fakta bahwa Honda mempertanyakan pilihan direktur teknis, menempatkan kami pada posisi untuk berpikir apakah kami akan membuat klaim soal sayap Honda, yang kami anggap kami berbahaya."




"Selain itu, ketika dibuat, meskipun bentuknya ramping, mereka juga bisa mengalami deformasi yang penting untuk beban yang mereka dapatkan, dan karena itulah juga bisa dapat dianggap pelengkap.".

"Kami tidak pernah mempertimbangkan ini, tetapi jika Honda mempertanyakan keputusan Danny Aldridge (direktur teknis MotoGP), ini memungkinkan kami untuk berpikir tentang mengajukan keluhan terhadap Honda di balapan berikutnya," jelas Dall'Igna. (yna/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com