detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 20 Mar 2019 20:37 WIB

Sirkuit Jalan Raya Mandalika Dijamin Aman untuk Para Riders

Lucas Aditya - detikSport
Foto: ist. Foto: ist.
Jakarta - Sirkuit Mandalika akan aman buat para rider MotoGP. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, yang mengungkapkan hal itu.

Indonesia ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah seri MotoGP 2021. Keputusan itu sudah dipresentasikan pada seri perdana balapan musim ini, MotoGP Qatar.

Ezpeleta juga sudah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo sebagai bentuk komitmen untuk menggelar balapan kuda besi tingkat Indonesia itu ke tanah air.

Mandalika, salah satu daerah di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang akan menjadi temat balapan. Balapan di sana akan menjadi adu cepat dengan sirkuit jalan raya yang pertama di MotoGP.




Pihak konsultan balapan, MRK1 Consulting, sadar bahwa ada keraguan balapan MotoGP akan berlangsung di jalan raya. Lewat Managing Director-nya, Mark Hughes, yang menjelaskan itu.

"Kami sangat sadar bahwa kami mengumumkan proyek ini ada banyak skeptisme mengenai konsep sirkuit jalanan," kata Hughes di Crash.

"Kami harus membuatnya sangat jelas bahwa treknya suah didesain dan akan dibangun dengan standar keamanan FIM untuk MotoGP," dia menambahkan.

Hal yang sama juga diungkapkan Ezpelata. Fasilitas lengkap juga akan mendukung sirkuit Mandalika.

"Kami selalu bilang bahwa kami tak akan membalap di sirkuit jalan raya, tapi yang ini mempunyai semua fasilitas dari sirkuit jalan raya --di tengah 'kota', semua hotel akan ada di sana-- tapi dengan keamaman (safety) penuh untuk para rider," kata Ezpeleta.


(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com