detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 25 Mar 2019 14:17 WIB

3 Perkiraan Putusan Sidang soal Komponen Ducati yang Diprotes

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Keputusan sidang komponen Ducati yang diprotes empat pabrikan akan diketahui awal pekan ini. Foto: Ducati Keputusan sidang komponen Ducati yang diprotes empat pabrikan akan diketahui awal pekan ini. Foto: Ducati
Jakarta - Sidang perkara komponen Ducati yang diprotes empat pabrikan telah selesai digelar. Ada beberapa prediksi terkait keputusannya. Apa saja?

Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki melayangkan gugatan atas komponen aero yang terpasang di motor Desmosedici yang dikendarai Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller di MotoGP Qatar. Pada awalnya, protes itu ditolak Steward MotoGP namun keempat pabrikan tersebut kemudian membawa kasus ini ke Pengadilan Banding FIM.

Sidang tersebut telah digelar di Mies, Swiss, pada Jumat (22/3/2019) pada pukul 11 pagi dan baru berakhir menjelang pukul 6 sore waktu setempat. Sementara hasil putusan sidang baru akan diketahui pada Senin (25/3) atau Selasa (26/3), menjelang seri kedua di Argentina.


GPOne merumuskan ada tiga potensi putusan sidang yang memungkinan. Berikut analisisnya:

1. Komponen aero Ducati Legal

Ini akan menjadi kemenangan besar bagi Ducati, itu artinya komponen tersebut sepenuhnya sah dan hanya digunakan untuk mendinginkan ban belakang. Di dalam perkara ini, tentu saja kemenangan Dovizioso di Qatar tidak akan diganggu gugat dan Desmosedici bisa terus menggunakan komponen tersebut.

Ini juga berarti bahwa pabrikan-pabrikan lainnya bisa juga mengembangkan komponen yang sama, dan hanya masalah waktu saja sebelum komponen itu dipasang di setiap motor di atas lintasan.

2. Ducati Didiskualifikasi

Pengadilan Banding FIM juga bisa setuju dengan tim-tim yang protes karena klaim bahwa komponen tersebut digunakan untuk menghasilkan downforce. Dengan demikian, Desmosedici yang sudah menjalani balapan (dan menang) di Qatar tidak sah sehingga bisa didiskualifikasi dari balapan.

Kemenangan Dovizioso di Losail pun akan dibatalkan, begitu pula dengan Petrucci yang finis keenam. Sudah pasti ini akan menjadi hukuman terberat bagi para pebalap Ducati.


Ada juga opsi yang diramalkan oleh regulasi, yaitu mengurangi poin yang dikantongi Ducati di hanya klasemen pabrikan. Kemenangan Dovizioso tetap disahkan, dan Ducati akan memulai seri kedua dengan nol poin di klasemen pabrikan.

3. Kemenangan Dovizioso Tetap Sah, Komponen Tidak

Putusan yang terakhir ini dipandang sebagai yang paling memungkinkan. Pengadilan Banding bisa saja mengonfirmasi hasil di Qatar tapi melarang komponen tersebut digunakan lagi mulai dari MotoGP Argentina. Itu sesuai dengan tuntutan empat tim yang protes.

Perkiraan putusan tersebut mirip dengan apa yang terjadi di Formula 1 pada tahun lalu dengan mobil-mobil Mercedes. Meski tidak ilegal sepenuhnya, tapi tim lantas memutuskan untuk meninggalkan solusi tersebut untuk menghindari protes di kemudian hari. (rin/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed