detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 29 Mar 2019 05:22 WIB

Honda Ikutan Pakai Winglet seperti Ducati di MotoGP Argentina?

Yanu Arifin - detikSport
Usai protes, tim Repsol Honda dikabarkan tertarik menggunakan winglet seperti Ducati di MotoGP Argentina. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Usai protes, tim Repsol Honda dikabarkan tertarik menggunakan winglet seperti Ducati di MotoGP Argentina. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Honda sempat memprotes penggunaan winglet Ducati di Qatar. Setelah teknologi itu dinyatakan legal, Honda akan mengenakannya juga di MotoGP Argentina?

Honda sempat memprotes Ducati, yang memenang seri pembuka MotoGP Qatar. Bersama Suzuki, KTM, dan Aprilia, Honda menuding motor yang dipakai Andrea Dovizioso saat memenangi balapan di Sirkuit Losail menggunakan komponen ilegal, yakni winglet yang terpasang di ban belakang Desmosedici.

Protes empat tim pabrikan itu atas winglet Ducati, yang sebelumnya dituding punya fungsi aerodinamis, berlanjut hingga ke Pengadilan Banding MotoGP. FIM akhirnya menyatakan komponen itu legal dan sah digunakan.




Sebagaimana dilansir Autosport, Honda kini dikabarkan tertarik menggunakan komponen serupa usai resmi dilegalkan. Pabrikan berlogo sayap itu siap memasang komponen winglet yang serupa dengan milik Ducati di MotoGP Argentina akhir pekan ini.

Disebutkan, insinyur Honda sudah menemui Danny Aldridge, direktur teknis MotoGP, untuk meminta persetujuan untuk menggunakan winglet versinya di MotoGP Argentina.




Kendati begitu, Marc Marquez mengaku tidak tahu apakah Honda akan menerapkannya di MotoGP Argentina. Juara bertahan MotoGP itu cuma mengatakan, pabrikannya akan menganalisis wingletnya terlebih dahulu.

"Saya tahu Honda dan pastinya mereka berusaha mencoba menganalisisnya, mencoba memahami apa fungsinya secara spesifik dan mencari tahu di mana keuntungannya. Saya yakin bahwa semua pabrikan akan mencoba. Tapi saya pikir spoiler ini tidak memberi banyak keuntungan waktu [dari laptime]," ucap Marquez.




Sementara manajer Honda Alberto Puig mengatakan, timnya cuma bekerja untuk menemukan solusi terbaik pada motornya.

"Honda adalah perusahaan yang selalu berpikir dan mengembangkan ide-ide baru, tetapi saat ini kami hanya berusaha memikirkan yang terbaik. Tentu saja kami tidak tertidur, tetapi untuk sekarang kami adalah kami," jelasnya.



Tonton juga video Tunggangan Marquez di MotoGP Mejeng di Bandung:

[Gambas:Video 20detik]

(yna/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed