detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 31 Mar 2019 14:29 WIB

Marquez di Argentina: Airbag Terbuka, Rantai Putus, Rebut Pole Position

Yanu Arifin - detikSport
Marc Marquez dililit banyak masalah sebelum kualifikasi MotoGP Argentina, dari masalah airbag hingga rantai putus. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez dililit banyak masalah sebelum kualifikasi MotoGP Argentina, dari masalah airbag hingga rantai putus. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Rio Hondo - Marc Marquez meraih pole position di MotoGP Argentina 2019. Sebelumnya, pebalap Repsol Honda itu diusik sejumlah masalah, dari airbag hingga rantai putus.

Marquez merebut posisi start terdepan untuk balapan MotoGP Argentina yang digeber mulai Senin (1/4/2019) dini hari WIB. Sebelumnya di sesi kualifikasi, Minggu (31/3/2019) dini hari WIB, The Baby Alien menjadi yang tercepat mengungguli Maverick Vinales (Yamaha) dan Andrea Dovizioso (Ducati), dan Valentino Rossi (Yamaha).

Sebelum tampil perkasa di sesi kualifikasi, Marquez mendapat banyak masalah sejak latihan bebas. Juara bertahan MotoGP itu diusik sejumlah masalah teknis.




Di Free Practice kedua, Marquez sempat bermasalah pada airbag-nya. Tiba-tiba, pelindung tubuhnya itu terbuka sendiri sehingga membuat Marquez tak nyaman.

Alhasil, catatan waktu Marquez melorot di latihan bebas kedua. Padahal sebelumnya, Marquez bisa menjadi yang tercepat di sesi pertama.

"Ketika saya membuat putaran cepat, saya bermasalah dengan airbag dan melakukan seluruh putaran dengan airbag terbuka," kata Marquez dilansir Marca.

"Saya berhasil mencatat waktu 1 menit 38.6 detik dan saya menempatkan diri pertama pada saat itu. Tapi, anda harus bergerak karena itu adalah airbag yang harus Anda kempiskan dengan meremasnya, itu sebabnya saya banyak bergerak," ungkapnya.




Masalah belum sampai di situ. Di sesi latihan bebas keempat, Marquez kembali mendapat masalah konyol.

Rantai motornya putus, saat sedang melaju kencang di trek. Saat menikung di Turn 5 Sirkuit Termas de Rio Hondo, motor Marquez agak goyang, yang untungnya dia tidak jatuh. Marquez kemudian melambat dan menengok ke belakang motornya.




Dan ternyata rantainya putus. Ia pun langsung meninggalkan motornya di tepi trek, berlari ke pit dan mengganti motornya. Hebatnya, Marquez masih mampu menjadi yang tercepat di sesi itu.




"Saya tidak tahu apa masalah tepatnya, sesuatu terjadi dengan rantai sebab itu berada di sisi luar. Saya tidak tahu dari sudut pandang teknis, tapi itu banyak mengubah rencana kami," jelasnya soal masalah rantai.

Dan Marquez menebus masalah-masalah di sesi latihan bebas itu dengan merebut pole position di kualifikasi. So, bisakah ia memenangi balapan di MotoGP Argentina kali ini? (yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com