detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 12 Apr 2019 07:48 WIB

Kopling Diyakini Vinales Jadi Biang Masalah Startnya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Maverick Vinales gagal tampil kompetitif di dua seri pertama MotoGP 2019. (Foto: Juan Mabromata/AFP) Maverick Vinales gagal tampil kompetitif di dua seri pertama MotoGP 2019. (Foto: Juan Mabromata/AFP)
Jakarta - Maverick Vinales bermasalah dengan start di dua seri pertama MotoGP musim ini. Pebalap Monster Energy Yamaha ini menduga kopling jadi biangnya.

Vinales memetik hasil buruk di dua seri yang sudah berjalan sejauh ini. Rider 24 tahun ini cuma finis ketujuh di Qatar, lalu gagal finis di Argentina.

Start buruk menyumbang sebab dari hasil-hasil tak oke ini. Di Qatar misalnya, ia memulai dari pole tapi lantas start dengan buruk dan melorot ke posisi tujuh di putaran pertama.




Sementara di Argentina, Vinales memulai balapan dari posisi dua namun sudah turun ke urutan empat saat mengakhiri putaran pertama. Dia malah kemudian gagal finis usai bertabrakan dengan Franco Morbidelli di lap terakhir.

Situasi ini bikin Vinales garuk-garuk kepala, sebab ia merasa tak punya riwayat start buruk. Menurutnya kopling jadi sumber masalah.

Di satu sisi, ia belum mendapatkan cara terbaik untuk memaksimalkannya sementara di sisi lain, respons kopling disebutnya kurang responsif.




"Itu sulit dipahami, karena ketika saya tiba di 2016 dengan Suzuki, saya start dengan sangat bagus, bisa memperbaiki posisi. Tapi ini sulit untuk saya dan saya rasa ya beginilah cara Yamaha start," ungkap VInales.

"Saya masih belum memahaminya, sudah dua tahun tapi saya belum memahaminya. Saya perlu sebuah cara untuk memahami bagaimana melakukannya, lalu tim bisa lebih membantu saya."

"Kami akan mencoba meningkatkan ini dari balapan ke balapan dan kami akan meningkatkan kinerja kopling jadi reaksinya akan jauh lebih baik saat start," tambah pebalap asal Spanyol ini dilansir Crash.


(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed