detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 12 Apr 2019 16:03 WIB

MotoGP Amerika Serikat dalam Angka-Angka

Okdwitya Karina Sari - detikSport
MotoGP Amerika Serikat di Austin akan digelar akhir pekan ini. (Foto: Getty Images / AFP) MotoGP Amerika Serikat di Austin akan digelar akhir pekan ini. (Foto: Getty Images / AFP)
Jakarta - Seri ketiga MotoGP 2019 akan bergulir di Amerika Serikat. Ada sederet fakta-fakta menarik menjelang balapan di Circuit of the Americas, akhir pekan ini.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengincar 'seven heaven' di MotoGP Amerika Serikat. Marquez begitu dominan dengan menyapu bersih kemenangan sejak edisi pertama pada 2013.


Sorotan juga akan mengarah kepada rider Monster Energy Valentino Rossi. Pebalap berusia 40 tahun itu baru saja mengakhiri puasa podium usai finis kedua di Argentina sehingga layak ditunggu apakah dia mampu melanjutkan momentum itu atau tidak.


Bagi Andrea Dovizioso, balapan di Austin merupakan ujian sekaligus tantangan tersendiri. Pasalnya, rider Ducati itu kesulitan meraih hasil oke dalam tiga musim terakhir. Namun, sukses Doviziso finis podium di Rio Hondo, menimbulkan harapan bahwa Ducati memungkinkan membuat kejutan.

Berikut ini statistik menarik menjelang balapan MotoGP Amerika Serikat 2019, yang dirangkum Fox Sports:

7 - Ini akan menjadi edisi ketujuh GP Amerika Serikat, Marquez telah meraih pole dan memenangi keenam balapan sebelumnya.

1 - Marquez (45) telah melewati Dani Pedrosa (44) sebagai pebalap Spanyol yang sudah mencetak waktu putaran tercepat di MotoGP dan berjarak satu saja dari menyamai Mick Doohan sebagai pebalap dengan waktu putaran tercepat terbanyak dari negara manapun.

- 9 Dovizioso telah mencapai sembilan podium dari 11 balapan terakhir; bagaimanapun pebalap Italia itu cuma dua kali naik podium dalam enam balapan di Las Americas (terakhir pada 2015).

29 - Rossi telah menjalani 29 balapan tanpa kemenangan, catatan terburuk dia yang kedua di MotoGP (44 balapan di antara 2010-2013).

10 - Marquez telah memenangi 10 dari 10 balapan di Amerika Serikat (enam di Austin, tiga di Indianapolis, dan sekali di Laguna Seca).

2 - Jorge Lorenzo sudah dua kali naik podim dalam enam balapan MotoGP di Las Americas. Namun, finis terbaik Lorenzo di sana adalah finis kesembilan di 2017 (11 di 2018).

24 - Alex Rins telah merebut 24 poin sejauh musim ini (finis keempat di Qatar dan kelima di Argentina), start terbaik dia di sebuah musim dan start terbaik untuk pebalap Suzuki di MotoGP.

20 - Setelah naik podium di Argentina, Rossi berarti sudah finis tiga besar di setiap musim dari 20 musim kariernya di MotoGP. (rin/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed