detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 13 Apr 2019 21:35 WIB

Rossi Ingin Yamaha Juga Pakai Winglet Belakang Seperti Ducati

Yanu Arifin - detikSport
Valentino Rossi (46) meminta Yamaha menggunakan winglet belakang seperti tim Ducati, yang diterapkan pada motor Andrea Dovizioso (04). (Foto: Rafael Marrodan/REUTERS) Valentino Rossi (46) meminta Yamaha menggunakan winglet belakang seperti tim Ducati, yang diterapkan pada motor Andrea Dovizioso (04). (Foto: Rafael Marrodan/REUTERS)
Austin - Ducati menerapkan teknologi penggunaan winglet pada ban belakang motornya di MotoGP 2019. Valentino Rossi ingin Yamaha juga memakainya.

Ducati kembali membuat terobosan dengan memasang winglet di ban belakangnya, saat memulai race di MotoGP Qatar. Teknologi itu sempat menjadi kontroversi.

Usai Ducati menang di Qatar, empat tim yakni Honda, KTM, Suzuki, dan Aprilia sempat memprotes penggunaan winglet itu, bahkan sampai banding ke Pengadilan Banding MotoGP. Namun, MotoGP tetap mengesahkannya.

Setelah Ducati, winglet belakang itu kini diterapkan Honda, yang terlihat di sesi latihan bebas MotoGP Amerika Serikat. Rossi pun ingin Yamaha juga menggunakannya.
"Bagi saya, itu sesuatu yang bisa cukup penting bagi kami. Itu membantu ban belakang punya temperatur yang rendah, seperti Ducati bilang, menjadi sedikit lebih dingin. Dan itu akan bagus untuk balapan," kata Rossi, seperti dilansir Autosport.

"Saya meminta Yamaha punya sesuatu yang mirip. Kami sudah punya ini untuk trek basah, saya harap kami bisa mencobanya. Ini hal yang kecil, tapi juga bisa membantu sedikit. Saya harap tahun ini, sebab kami harus terus bekerja," jelasnya.

Yamaha sendiri punya teknologi serupa. Di MotoGP Valencia tahun lalu, ban belakang motor YZR-M1 terlihat memasang semacam pelindung untuk membantu mereduksi semprotan air ke ban dalam trek yang basah.


(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com