detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 15 Apr 2019 16:37 WIB

Dovizioso: Andai Balapan Berlangsung Setengah Putaran Lagi

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Andrea Dovizoso finis keempat di MotoGP Amerika Serikat. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Andrea Dovizoso finis keempat di MotoGP Amerika Serikat. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Austin - Andrea Dovizioso bersyukur bisa finis keempat di MotoGP Amerika Serikat. Tapi andai balapan berlangsung setengah putaran lagi Dovizioso optimistis bisa podium.

Pada balapan di Circuit of the Americas, Senin (15/4/2019) dinihari WIB, rider Ducati itu start dari urutan 13, posisi yang kurang menguntungkan. Pada prosesnya, tiga pebalap Honda mengalami nasib sial yaitu Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow gagal finis.

Dovizioso sempat merangsek ke posisi ketujuh sebelum menguntit pebalap Pramac Jack Miller yang berada di urutan ketiga. Kesalahan pemilihan ban (lunak) yang dilakukan Miller nyaris memberi keuntungan pada pebalap Italia itu.


Namun, Miller toh bisa menjaga posisinya hingga finis sehingga Dovizioso harus puas finis di peringkat keempat. "Pagi ini aku bangun dengan baik, merasa siap untuk bertempur. Kemudian di sini di Austin merupakan balapan yang selalu rumit untuk banyak alasan dan juga berat," kata rider Italia itu dikutip Tuttomotoriweb.

"Sayangnya aku kehilangan beberapa detik ketika aku kehilangan feeling di beberapa putaran pertama. Aku nyaris jatuh karena bagian depan motorku mengalami gangguan. Aku sedikit panik tapi aku akhirnya bisa membereskannya," lanjut Dovizioso.


"Berangsur-angsur aku mulai mendapatkan feeling lagi, tapi aku sadar ada bagian aspal yang basah, secuil aspal yang tidak mengering. Aku mulai membidik menyalip Miller, tapi tidak mungkin karena aku kurang kencang."

"Kami juga beruntung karena ada beberapa pebalap yang jatuh. Hari ini kami mendapatkan hasil maksimal, mungkin dengan setengah putaran lagi aku bisa mendekat ke posisi ketiga karena mungkin ban depan Jack akan sudah sangat aus," runner-up dua kali itu menambahkan.

Meski gagal memperoleh podium, Dovizioso bisa sedikit senang karena dia kini memuncaki klasemen sementara. Dovizioso mengoleksi 54 poin, unggul sembilan poin dari Marquez yang melorot ke urutan empat. Namun, Dovi cuma berjarak tiga poin dari Valentino Rossi (2), dan lima poin dari Alex Rins (3).


(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com