detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 02 Mei 2019 01:50 WIB

Yang Spesial di Jerez, Balapan ke-300 Kelas MotoGP

Doni Wahyudi - detikSport
Valentino Rossi dan Marc Marquez jadi pebalap tersukses di kelas MotoGP (Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi dan Marc Marquez jadi pebalap tersukses di kelas MotoGP (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada akhir pekan ini akan jadi balapan spesial. Itu merupakan race ke-300 sejak kelas paling bergengsi berubah nama menjadi MotoGP.

Kelas MotoGP mulai diperlombakan sebagai level paling atas dalam gelaran Grand Prix sejak tahun 2002. Sebelumnya GP motor balap level teratas dikenal dengan sebutan kelas 500cc.

Sejak saat itu sudah 299 balapan dilangsungkan. Itu artinya, race di Sirkuit Jerez akan pekan ini akan menjadi yang ke-300.



Dikutip dari GPOne, berikut data dan fakta menuju balapan ke-300 kelas MotoGP:

- Dari 299 balapan yang sudah digelar, total cuma ada 23 rider yang bisa menjadi juara kelas MotoGP. Valentino Rossi berada di posisi teratas dengan 76 titel, diikuti Jorge Lorenzo (47), Marc Marquez (45), Casey Stoner (38) dan Dani Pedrosa (31).

- Untuk keberhasilan naik podium, teecatat ada 45 rider yang pernah meraihnya. Rossi lagi-lagi ada di urutan pertama dengan 175. Di belakangnya ada Lorenzo (114), Pedrosa (112), Marquez (79) dan Stoner (69).

- Ada delapan pebalap sudah memenangi paling tidak satu balapan sejak kelas MotoGP diperkenalkan. Mereka adalah: Alex Rins, Andrea Iannone, Ben Spies, Chris Vermeulen, Jack Miller, Tohru Ukawa, Toni Elias dan Troy Bayliss.
Alex Rins jadi salah satu rider yang punya satu kemenangan di kelas MotoGPAlex Rins jadi salah satu rider yang punya satu kemenangan di kelas MotoGP Foto: Instagram @alexrins

- Spanyol jadi negara paling dominan sebagai penghasil juara MotoGP, dari total 7 negara berbeda yang pebalapnya pernah berada di podium teratas. Spanyol punya 138 kemenangan, lalu ada Italia (107), Australia (41), Amerika Serikat (4), Inggris Raya (3), Brasil (3), dan Jepang (3).

- Sebanyak 30 rider berbeda telah merasakan start dari posisi terdepan, alias pole position. LIma rider dengan pole terbanyak sejak 2002 adalah Marquez (54), Rossi (51), Lorenzo (43), Stoner (39), dan Pedrosa (31).

- Honda jadi pabrikan paling sukses di kelas MotoGP dengan 142 kemenangan diraih sejauh ini. Honda jauh mengungguli Yamaha (107), Ducati (47) dan Suzuki (3).
(din/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com