detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 05 Mei 2019 23:14 WIB

Air Mata Fabio Quartararo di Jerez

Doni Wahyudi - detikSport
Fabio Quartararo gagal finis di MotoGP Spanyol karena masalah pada gear shifter motornya (Mirco Lazzari gp/Getty Images) Fabio Quartararo gagal finis di MotoGP Spanyol karena masalah pada gear shifter motornya (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jerez - MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez harusnya menjadi balapan penuh kenangan buat Fabio Quartararo. Tapi kerusakan motor membuatnya menyudahi race dengan air mata.

Quartararo membuat kejutan besar saat merebut pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Spanyol. Bukan cuma pole, rookie berusia 20 tahun itu juga mematahkan rekor Marc Marquez sebagai pebalap termuda yang berhasil dapat posisi start terdepan.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5/2019) malam WIB, Quartararo juga tampil solid. Meski kehilangan posisi terdepan sejak awal karena disalip Marquez, dia mampu bersaing di kerumunan rider terdepan saat menempati urutan tiga.



Namun nahas datang ke rider asal Prancis itu pada lap ke-14, dari total 25 yang diperlombakan. Sedang berada di posisi dua, motor Quartararo mendadak melambat. Tayangan televisi menunjukkan dia mengalami masalah pada gear shifter.

"Saat saya mengetahui bahwa saya tidak bisa mengubah posisi gigi, saya tahu semuanya sudah berakhir. Saya tertahan di gigi ketiga. Saya masuk ke pit. Tak ada hal lain yang bisa dilakukan," ujar Quartararo dikutip dari Crash.

Quartararo begitu terpukul kondisi yang membuatnya harus pensiun dini. Dia terlihat sangat kesal di atas motornya, untuk kemudian menangis saat sampai di garasi Petronas Yamaha SRT.



"Saat itu balapannya berjalan sangat baik. Saya merasa bagus di atas motor. Rasanya luar biasa bersaing dengan pebalap-pebalap top."

"Ya, ada masalah kecil pada gear shifter, sesuatu yang sangat kecil tapi merugikan kami dalam jumlah yang sangat besar. Tapi sebagaimana di Qatar, kami meninggalkan hal-hal netaif di sini dan membawa hal positif ke rumah," tuntasnya. (din/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com