detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 17 Mei 2019 14:15 WIB

Jokowi Instruksikan Sirkuit Mandalika Rampung 2020 agar Bisa Nonton MotoGP 2021

Ray Jordan - detikSport
Foto: MotoGP.com Foto: MotoGP.com
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar pembangunan Sirkuit Mandalika usai 2020. Itu agar Indonesia siap betul menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

Jokowi meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, tepatnya di Pantai Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/5/2019). Di kawasan itu akan dibangun sirkuit balapan MotoGP.

"Kami juga ingin segera fasilitas yang berkaitan dengan MotoGP 2021 juga segera dikerjakan," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan berbagai fasilitas sudah dibangun untuk mendukung KEK Mandalika dan sirkuit MotoGP itu nanti. Di antaranya, bandara, infrastruktur jalan hingga hotel.


"Sehingga, kami harap konstruksi (sirkuit) paling lambat dimulai Januari 2020, sehingga 2020 semua fasilitas yang diinginkan oleh MotoGP betul-betul sudah siap. Sehingga, mereka yakin dan harapan kita di 2021 betul-betul bisa melihat bersama sama MotoGP diselenggarakan di Mandalika Lombok, NTB, Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi optimistis MotoGP berimbas pergerakan perekonomian di Lombok. Bahkan, dia yakin ajang balapan itu bisa berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami harapkan ada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional bisa memberikan support pada pertumbuhan ekonomi nasional," ujar dia.

Jokowi juga menegaskan untuk segera menyelesaikan masalah sengketa tanah. Caranya, dengan mendengarkan saran dari masyarakat.

"Itu urusan ITDC dengan gubernur. Pendekatan-pendekatan. Analisis lapangan, bagaimana mendekati, diajak bicara. Kita bisa bicara kok. Ngapain harus ngotot-ngototan," katanya.

Trek Dibangun Mulai September 2019

Sementara itu, Direktur Utamna Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, mengatakan agenda MotoGP di Indonesia sudah mendapatkan lisensi dari Dorna Sports sebagai pihak penyelenmggara MotoGP. Dia juga menegaskan pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok akan selesai kurang dari satu tahun.

"Kami baru akan bangun treknya di September 2019. InsyaAllah dalam setahun akan selesai, sehingga akhir 2020 akan selesai. Jadi siap di 2021 akan berlangsung di Mandalika Street Race Sircuit," kata Mansoer.

"Di sini, fitur dari Mandalika Street Race Sircuit yang istimewa, ini menjadi sirkuit MotoGP pertama yang berupa street Sircuit di mana di saat balap akan diadakan acara balap, dan saat tidak ada balap akan dijadikan jalan lingkar. Sehingga efisien bagi kami selaku pengelola destinasi," dia menjelaskan.

(jor/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed