detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 18 Mei 2019 13:45 WIB

Marquez Perkenalkan Strategi Balapan Baru di MotoGP Prancis

Yanu Arifin - detikSport
Rider Repsol Honda Marc Marquez. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Rider Repsol Honda Marc Marquez. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Le Mans - Marc Marquez memperkenalkan strategi balapan baru di MotoGP Prancis. Rider Repsol Honda itu menerapkan gaya balapan yang mirip dimiliki Jorge Lorenzo.

Marquez baru saja menjadi pebalap tercepat kedua di Free Practice kedua MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Jumat (17/5). Usai sesi itu, Marquez menjelaskan taktik balapannya.




Marquez kini selalu mendominasi balapan sejak tikungan pertama hingga setiap lap balapan, yang tercatat sejak di MotoGP Argentina. Gaya balapan itu mirip yang dilakukan Lorenzo, yakni melesat sejak awal dan meninggalkan jauh lawan-lawannya.

Marquez mengaku taktik itu berjalan positif. Ia menilai, dengan melesat sejak awal, lawan-lawannya jadi tidak bisa meniru gaya balapannya.




"Benar, sejak di Argentina, saya memimpin banyak lap. Saya tak terbiasa balapan seperti ini, tetapi terkadang Anda perlu menemukan strategi yang berbeda. Jika tidak, semua orang melakukan hal yang sama. Ketika saya punya motor dan perasaan yang bagus, serta cukup kuat, mengapa tidak?" kata Marquez, dilansir Crash.

"Artinya, jika saya punya perasaan yang bagus, kenapa tidak melakukannya lagi di sini? Tetapi, setelah pemanasan, Anda harus sudah mengerti apakah itu memungkinkan atau tidak. Ini bagus, karena dengan begitu lawan Anda tidak akan tahu apa yang akan Anda lakukan. Tapi anda bisa memahami jenis strategi Maverick, Dovi, Rossi."

"Tetapi ketika seseorang melakukan sesuatu yang baru dan dalam beberapa balapan mulai mendorong dari awal serta di balapan lain mulai menghemat ban, Anda tidak tahu apakah dia tertahan atau melesat, itu hanya untuk mencari kesempatan. Tapi tentu tidak di setiap balapan mungkin untuk melakukan strategi ini," jelasnya. (yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed