detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 19 Mei 2019 01:57 WIB

Salah Pilih Ban, Lorenzo Tak Optimal di Kualifikasi MotoGP Prancis

Putra Rusdi K - detikSport
Jorge Lorenzo cuma start kedelapan di MotoGP Prancis. (Jorge Guerrero / AFP) Jorge Lorenzo cuma start kedelapan di MotoGP Prancis. (Jorge Guerrero / AFP)
Prancis - Jorge Lorenzo menilai performa buruknya saat kualifikasi MotoGP Prancis terjadi akibat kesalahan pemilihan ban. Lorenzo keliru memperkirakan kondisi lintasan.

Sesi kualifikasi MotoGP Prancis di sirkuit Le Mans usai pada Sabtu (18/5/2019) dalam kondisi hujan. Lorenzo hanya mampu menempati posisi kedelapan dengan selisih lebih dari satu detik dari peraih pole sekaligus rekan setimnya sendiri, Marc Marquez.

Pebalap asal Spanyol mengaku kecewa dengan torehannya tersebut. Menurut Lorenzo, dirinya berpotensi mendapatkan posisi yang lebih baik andai tak salah pilih ban.



Lorenzo awalnya menggunakan ban belakang basah soft, tapi kemudian ia menggantinya dengan ban medium. Keputusan ini menjadi blunder bagi pria 32 tahun ini karena kondisi sirkuit lebih basah daripada yang ia perkirakan.

"Saya cukup kompetitif dalam hujan selama FP3. Pada sesi kualifikasi saya mungkin membuat keputusan yang salah dengan ban karena saya memilih ban belakang yang soft sebelum beralih ke medium pada akhirnya dengan kondisi yang sama," ujar Lorenzo dilansir dari Motosportweek.


"Namun saya menggunakan soft (kompon ban) ketika trek cukup kering, dan kemudian (sirkuit) menjadi lebih basah ketika saya berada di medium. Saya bisa saja berada di baris pertama atau kedua, tetapi sebaliknya saya berada di urutan kedelapan dan di baris ketiga."

"Ini hasil kualifikasi terbaik tahun ini, tetapi harusnya bisa lebih baik jika keputusannya berbeda," tuturnya menegaskan.

Lorenzo memang harus segera memperbaiki penampilannya bersama tim barunya ini. Mantan rider Yamaha dan Ducati tersebut saat ini hanya menempati peringkat ke-14 di klasemen pebalap dengan 11 poin.


(pur/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com