detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 19 Mei 2019 20:11 WIB

Marquez Persembahkan Kemenangan ke-300 untuk Honda di Le Mans

Lucas Aditya - detikSport
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangan di MotoGP Prancis. (Foto: Gonzalo Fuentes/Reuters) Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangan di MotoGP Prancis. (Foto: Gonzalo Fuentes/Reuters)
Le Mans - Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Prancis 2019. Baby Alien pun mempersembahkan kemenangan ke-300 untuk Honda di Le Mans.

Dalam balapan seri kelima MotoGP 2019 di sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2019) malam WIB, Marquez tak terbendung. Dia menjadi yang terdepan setelah melahap 27 lap dalam 41 menit 53,647 detik.

Bagi Marquez, ini merupakan kemenangan ketiganya di musim ini dan ketiganya sejak turun di kelas MotoGP.

Dengan tambahan poin penuh ini, Marquez tetap teratas di klasemen pebalap dengan koleksi 95 poin. Dia unggul delapan poin dari Andrea Dovizioso di posisi kedua.


Jalannya Balapan

Balapan belum di mulai, drama sudah terjadi. Karel Abraham terjatuh, jingga membuat Joan Mir di belakangnya harus melakukan rem mendadak. Keduanya harus ganti motor.

Marquez menjalani start bagus. Sempat mendapatkan tekanan dari Petrucci, dia bisa mempertahankan posisi pertama pada tikungan 1.




Pada lap pertama, Marquez menjadi terdepan, Petrucci menyusul kemudian. Miller ada di posisi ketiga. Disusul Rossi dan Pol Espargaro.

Satu lap kemudian Andrea Dovizioso menyodok ke posisi kelima. Petrucci sedikit melebar hingga disusul oleh Miller dan Rossi pada lap ketiga. Rekan setimnya, Dovizioso juga melewatinya. Rider nomor 9 Ducati itu ada di nomor keenam.

Miller mengambil alih balapan posisi terdepan pada lap keempat. Dia bisa menyalip Marquez di tikungan keempat. Dovizioso mendahului Rossi! Momen itu terjadi saat balapan berjalan lima lap.

Aksi saling overtaking terjadi antara Marquez-Miller pada lap keenam. Marquez mendahului Miller sesaat, lalu disalip lagi. Saat tikungan keenam juga di lap keenam, Marquez menjadi yang terdepan lagi.

Maverick Vinales harus ke pit lebih awal. Dia terkena motor Francesco Bagnaia yang jatuh hingga harus ikut terhempas ke aspal pada lap ketujuh.

Hingga balapan meyisakan 18 lap lagi, jarak antara Marquez dengan Miller sejauh 0,525 detik. Pertarungan untuk menjadi yang terdepan masih ketat.



Gap antara Marquez dengan Miller melebar di lap ke-11. Situs resmi MotoGP mencatat sudah tembus 0,807 detik.

Petrucci menanjak satu tingkat pada lap ke-12. Di tikungan ketiga, dia dengan mulus melewati Rossi untuk ada di posisi keempat.

Marquez kian tak terkejar pada lap ke-13. Jaraknya dengan Miller mencapai 1,219 detik dibandingkan Miller.

Miller tak bisa mempertahankan posisi kedua pada lap ke-16. Dovizioso bisa melewatinya pada tikungan tujuh sirkuit Le Mans.

Petrucci menyalip Miller di tikungan ketujuh lap ke-20. Saat balapan menyisakan 5 lap, pebalap Italia itu bisa menyalip Dovizioso, tapi kemudian disalip lagi. Petrucci tetap di posisi ketiga.

Marquez sudah berjarak 3,852 detik dari posisi kedua saat balapan tinggal tiga lap. Marquez tak terkejar untuk memenangi balapan MotoGP Prancis 2019.






(cas/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed