detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 20 Mei 2019 09:28 WIB

Marquez Kini Bisa Tekan Risiko dan Leluasa Pilih Gaya Balapan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Marc Marquez juara MotoGP Prancis. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez juara MotoGP Prancis. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Marc Marquez puas betul dengan performa RC213V miliknya saat ini. Tenaga yang lebih besar dari mesin membuatnya bisa menekan risiko dan leluasa tunggangi motor.

Marquez tampil sebagai juara pada MotoGP Prancis di sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2019) malam WIB. Tampil dominan, rider Repsol Honda ini mengungguli duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, yang finis 2-3.




Kecuali di enam putaran pertama di mana Jack Miller sempat memberikan perlawanan, Marquez tak tersentuh. Ia bahkan finis nyaris dua detik dari Dovizioso, tepatnya di angka 1,984 detik.

Marquez mengaku amat nyaman menjalani balapan, meski menggunakan ban depan soft. Motor yang lebih bertenaga membuatnya tak lagi harus mengandalkan pengereman-pengereman keras, yang otomatis lebih cepat menguras ban.

Mengatur tempo balapan dan kondisi ban jadi lebih mudah.




"Saya senang karena ini adalah pertama kalinya musim ini kami balapan dengan ban depan soft. Tahun ini kami mampu balapan dengan dua atau tiga cara berbeda," ungkapnya dikutip Crash.

"Tahun lalu kami cuma mencoba mengukir catatan waktu mengandalkan titik pengereman. Tahun ini mungkin kami kehilangan sedikit kekuatan di sana (pengereman), tapi kami mendapatkan sesuatu di area lain dan inilah cara yang benar. Karena titik pengereman selalu merupakan risiko, dan risiko berarti sulit untuk tampil konstan."

"Sekarang kami mampu mendapatkan catatan waktu mengandalkan hal lain. Saya mampu menggunakan jenis ban yang berbeda-beda dan dengan gaya balapan yang berbeda. Ini karena kami punya kekuatan lebih di mesin."




"Ketika Anda punya kekuatan lebih di sana, sekarang saya tahu cara Dovi dan Jorge melaju tahun lalu, Anda bisa mencoba menangani balapan dengan cara yang berbeda. Saya bisa balapan dengan cara tahun lalu (late braking) atau saya bisa menggunakan cara berbeda. Dan ini memberi saya kepercayaan diri untuk konstan tampil," tambah Marquez. (raw/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com