detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 03 Jun 2019 03:16 WIB

Mengapa Marquez Tak Coba Salip Petrucci di Putaran Terakhir?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Marc Marquez sengaja tak mau mencoba menyalip Danilo Petrucci di putaran terakhir MotoGP Italia. (Foto: Rafael Marrodan / Reuters) Marc Marquez sengaja tak mau mencoba menyalip Danilo Petrucci di putaran terakhir MotoGP Italia. (Foto: Rafael Marrodan / Reuters)
Mugello - Rider Repsol Honda Marc Marquez finis kedua di MotoGP Italia. Marquez mengaku bahwa dirinya memang tak mencoba menyalip Danilo Petrucci di putaran terakhir.

Rider Repsol Honda itu hanya berjarak 0,043 detik di belakang Petrucci yang melintasi garis finis pertama balapan di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2019). Marquez finis di depan Andrea Dovizioso dan Alex Rins.

Petrucci berada di urutan terdepan pada putaran-putaran terakhir dibuntuti Dovizioso. Marquez kemudian melakukan slipstream melewati duo Ducati tersebut di lintasan lurus utama jelang memasuki putaran terakhir.


Akan tetapi, Marquez justru sedikit melebar dengan Dovizioso berada di dalam jalurnya sehingga Petrucci memungkinkan mengambil alih pimpinan lomba. Setelah itu Marquez mengungkapkan, fokusnya menjaga agar Dovizioso tetap di belakang dia untuk mengambil keuntungan di klasemen.

Dengan hasil ini, Marquez tetap memimpin kejuaraan dengan 115 poin melebarkan jarak hingga 12 poin dari Dovizioso di bawahnya. Petrucci menggeser Valentino Rossi dengan menempati posisi keempat usai mengumpulkan 82 poin.


"Aku mencoba di awal [untuk membuat pergerakan] seperti biasanya, aku mencoba mengatur kecepatanku tapi aku sudah mengalami dua momen kecil. Aku bilang 'hari ini bukan harinya [untuk menjauh], aku akan mengikuti saja dan aku akan bertarung di putaran terakhir'," ungkap Marquez di Autosport.

"Aku melebar di tikungan pertama, tapi kemudian ketika aku melihat Danilo memimpin di putaran pertama, aku kedua dan Dovi ketiga, aku bilang 'OK, aku tidak akan mencoba, aku cuma akan bertahan saja'."

"Kalau aku mencoba dan kami berdua sama-sama melebar, Dovi memenangi balapan dan itu justru akan merugikanku di kejuaran. Untuk alasan itu, aku tetap di belakang Danilo, aku mencoba di [tikungan] terakhir dengan slipstream tapi kami tahu bahwa itu sangat sulit."


Simak Juga 'Tampil Dominan, Marc Marques Juara MotoGp Spanyol':

[Gambas:Video 20detik]

(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com