detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 13 Jun 2019 13:02 WIB

'Fabio Quartararo Bukan Kejutan Lagi'

Lucas Aditya - detikSport
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. (Foto: Jorge Guerrero / AFP) Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. (Foto: Jorge Guerrero / AFP)
Barcelona - Fabio Quartararo menunjukkan penampilan menjanjikan bersama tim Petronas Yamaha SRT. Dia dinilai bukan lagi kejutan meski belum pernah memenangi balapan.

Dalam enam seri yang sudah digelar, Quartararo memetik 31 poin. Dia belum meraih podium pada musim perdananya di ajang MotoGP.

Kesempatan pertama untuk meraih podium pertama terjadi di Jerez pada Mei lalu. Dia menempati posisi pole saat start, tapi akhirnya gagal finis karena masalah pada motornya.

Manajer Yamaha, Massimo Meregalli, menilai bahwa cuma kesialan yang menghalangi pebalap asal Prancis itu bisa meraih hasil bagus.

"Di sisi sebaliknya, Fabio luar biasa dan cara membalapnya cocok dengan M1. Kita tak bisa lagi mempertimbangkannya sebagai kejutan dan hanya faktor eksternal yang menghalanginya untuk meraih hasil balapan yang signifikan," kata Meregalli di GPOne.




Meregalli yakin bahwa performa penampilan menjanjikan dua pebalap tim satelit di tim Petronas Yamaha SRT akan membantu pengembangan motor YZR-M1. Quartararo sudah mencatatkan satu fastest lap dalam enam seri. Dia membukukannya di MotoGP Prancis.

Di MotoGP Italia lalu, Yamaha tak menempatkan wakil di podium. Danilo Petrucci yang menjadi pemenang, dua podium lainnya diisi oleh Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Sementara itu, Valentino Rossi serta Franco Morbidelli gagal finis, Maverick Vinales finis keenam, dan Quartararo ada di posisi ke-10.

"Dia dan Morbidelli juga mengendarai motor yang mirip dengan Rossi dan Vinales. Saya tak bisa menjelaskan lebih rinci lagi, tapi kita bisa bilang sama 90 persen. Ini bagus untuk kedua tim karena datanya dibagikan dan itu sangat membantu pengembangan," kata Meregalli.

Quartararo mempunyai sedikit kendala menuju MotoGP Catalunya. Dia baru saja naik meja operasi untuk mengatasi masalah pada lengan kanannya. Pebalap 20 tahun itu disebut akan fit saat membalap akhir pekan ini.




(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com