detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 16 Jun 2019 12:44 WIB

Vinales Dihukum Penalti 3 Grid

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Maverick Vinales dihukum penalti tiga grid di MotoGP Catalunya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Maverick Vinales dihukum penalti tiga grid di MotoGP Catalunya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Montmelo - Maverick Vinales batal start dari baris depan di MotoGP Catalunya. Pebalap Monster Yamaha itu dihukum penalti tiga grid sehingga harus start dari urutan keenam.

Vinales menempati posisi ketiga di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya yang digelar di Sirkuit Catalunya, Sabtu (15/6/20109). Catatan waktunya hanya kalah dari Fabio Quartararo dan Marc Marquez.

Namun Vinales tidak akan memulai balapan pada hari Minggu (16/6/2019) dari posisi ketiga. Ia dijatuhi penalti tiga posisi karena melambat di racing line dan mengganggu laju pebalap lain saat sesi kualifikasi.

Steward FIM menilai Vinales bersalah atas sebuah insiden dengan Fabio Quartararo di Q2. Di akhir Q2, Vinales melakukan wheelie (mengangkat roda depan) dan melambaikan tangan ke penonton.



Quartararo yang belum menyelesaikan kualifikasinya kemudian terlihat kesal saat melewati Vinales. Beruntung bagi pebalap Petronas Yamaha itu, insiden tersebut tak berpengaruh terhadap catatan waktu terbaik yang sudah lebih dulu ia amankan.

Sebelum penalti akhirnya dijatuhkan, Vinales yang ditanya soal insiden tersebut saat sesi konferensi pers usai kualifikasi mengaku tak menyadari kalau Q2 belum selesai.

"Saya tidak tahu harus bilang apa, saya kira bendera sudah dikibarkan, jadi saya cuma menyapa ke penonton dan melakukan wheelie," ujar Vinales seperti dilansir Crash.

"Saya tidak paham ketika saya melihat Fabio, saya melihatnya saat sudah terlambat. Saya tidak mengira karena saya pikir bendera sudah dikibarkan," katanya.



Vinales Dihukum Penalti 3 Grid
(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com