detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 16 Jun 2019 21:03 WIB

Momen Lorenzo 'Habisi' Rossi, Vinales, dan Dovizioso

Doni Wahyudi - detikSport
Jorge Lorenzo menyebabkan beberapa pebalap top jatuh di MotoGP Catalunya (LLUIS GENE / AFP) Jorge Lorenzo menyebabkan beberapa pebalap top jatuh di MotoGP Catalunya (LLUIS GENE / AFP)
Catalunya - Jorge Lorenzo memulai MotoGP Catalunya dengan meyakinkan dan bisa bersaing di depan. Tapi dia kemudian menjadi penyebab crash beruntun yang memakan korban, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales.

Memulai balapan dari posisi 10, Lorenzo tampil solid di awal MotoGP Catalunya digelar Minggu (16/6/2019) malam WIB. Dalam waktu singkat Lorenzo bisa memperbaiki posisinya, di mana dia bisa berada di posisi lima di lap kedua.

Sampai pada satu momen memasuki tikungan 10 dia mencoba menyalip dari sisi dalam di tikungan ke kiri. Upaya tersebut kemudian berujung petaka buatnya sendiri, dan buat beberapa rider papan atas lainnya.

Sudah berhasil mendahului Maverick Vinales dan berupaya menyalip Andrea Dovizioso dari sisi dalam, Lorenzo malah kehilangan kendali pada bagian depan motornya. Dia terjatuh langsung menghajar ekor Ducati tunggangan Dovi.



Honda RC213V yang terseret di lintasan lantas menghajar motor Vinales, yang langsung terlontar dari tunggangannya. Efek kerusakan yang ditimbulkan Lorenzo tak berhenti sampai di situ.

Terseret sampai di luar lintasan, motor Lorenzo masih makan korban. Valentino Rossi yang saat itu berada di posisi enam terlihat berupaya menghindari dengan mengambil sisi luar trek. Tapi motornya juga kena hantam. Dan setelah susah payah berupaya menjaga keseimbangan, The Doctor akhirnya terjatuh juga.







Dari lima pebalap yang berada di kelompok terdepan itu cuma Marc Marquez yang lolos. Sang juara dunia benar-benar diuntungkan dengan kecelakaan beruntun tersebut.

Marquez, yang terlihat dapat perlawanan sengit dari Dovizioso dan Vinales di dua lap awal, langsung melesat sendirian di posisi terdepan. Sampai menyentuh garis finis dia tak tersentuh oleh Fabio Quatararo dan Danilo Petrucci yang finis kedua ketiga.

(din/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com