detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 17 Jun 2019 12:22 WIB

Quartararo Abaikan Rasa Sakit Akibat Operasi demi Podium MotoGP

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Fabio Quartararo finis kedua di MotoGP Catalunya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Fabio Quartararo finis kedua di MotoGP Catalunya (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Barcelona - Fabio Quartararo akhirnya untuk pertama kali naik podium di kelas MotoGP. Rider 20 tahun itu mengabaikan rasa sakit demi mewujudkan akhir pekan spesial di Catalunya.

Quartararo tampil impresif di MotoGP Catalunya dengan selalu ada di posisi dua besar di setiap latihan bebas. Ia kemudian merebut pole dengan jadi yang tercepat usai mengalahkan Marc Marquez di sesi kualifikasi.

Saat balapan di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/6/2019) malam WIB, Quartararo memang tak start dengan baik. Pebalap Petronas Yamaha itu kemudian justru berada di belakang Danilo Petrucci dan Alex Rins yang memperebutkan posisi kedua.


Namun, Quartararo akhirnya mampu menyodok setelah memanfaatkan kesalahan Rins dan menyalip Petrucci jelang lap-lap terakhir. Pada akhirnya, ia mampu mempertahankan posisi kedua di belakang Marquez sampai melintasi garis finis.

Quartararo menampilkan performa oke di sepanjang akhir pekan di MotoGP Catalunya tak sampai dua minggu usai menjalani operasi arm pump. Dua hari setelah MotoGP Italia, pebalap asal Prancis itu memang naik meja operasi.

Quartararo mengaku masih merasakan sakit akibat operasi tersebut. Namun adrenalin yang terpacu selama balapan dan keinginan untuk merebut podium membuatnya mengabaikan rasa sakit itu.


"Ada sedikit rasa sakit kemarin tanpa obat, tapi hari ini (Minggu) kami menjalani balapan 24 lap," ujar Quartararo seperti dikutip situs resmi MotoGP.

"Dengan motivasi balapan, bertarung untuk podium, bersaing dengan pebalap-pebalap top, saya kira Anda punya hal lain untuk dipikirkan selama balapan ketimbang memikirkan rasa sakit."

"Adrenalin selama balapan benar-benar berbeda dari rasa sakit. Dengan pengobatan saya tak terlalu merasakan sakit, cuma di lap-lap terakhir ketika saya ngotot, katakan saja, agak sulit untuk melakukannya. Tapi saya senang dengan bagaimana kami mengelolanya," katanya.

Finis kedua di MotoGP Catalunya, Quartararo kini menempati peringkat ketujuh klasemen pebalap dengan 51 poin.

(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com