detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 17 Jun 2019 13:26 WIB

Enggan Salahkan Lorenzo, Rossi Kritik Tikungan Sirkuit Layaknya Supermarket

Putra Rusdi K - detikSport
Valentino Rossi menilai tikungan ke-10 di Sirkuit Catalunya seperti tempat parkir supermarket (Foto: David Ramos/Getty Images) Valentino Rossi menilai tikungan ke-10 di Sirkuit Catalunya seperti tempat parkir supermarket (Foto: David Ramos/Getty Images)
Catalunya -

Valentino Rossi menyoroti bentuk tikungan ke-10 Sirkuit Catalunya, tempatnya crash. Ia menyebut tikungan ini seperti tempat parkir di Supermarket.

Rossi gagal finis pada gelaran MotoGP Catalunya, Minggu (16/6/2019) malam WIB. Dalam balapan di Sirkuit Catalunya tersebut The Doctor terjatuh pada tikungan ke-10 di lap kedua.

Pebalap 40 tahun ini mengalami kecelakaan yang juga melibatkan Maverick Vinales, Andrea Dovizioso serta Jorge Lorenzo. Nama terakhir dianggap sebagai biang keladi insiden tersebut.

Pasalnya kecelakaan ini diawali oleh Lorenzo yang menghantam bagian belakang motor Ducati milik Dovizioso. Setelah itu, dua pebalap tim Yamaha di atas ikut terseret mengalami crash.



Meski begitu, Rossi enggan menyalahkan Lorenzo untuk hal ini. Ia lebih mengkritisi bentuk tikungan ke-10.

Tujuh kali dunia MotoGP ini bahkan menyebut tikungan ke-10 seperti tempat parkir supermarket. Sirkuit Catalunya memang mengalami perubahan layout pasca meninggalnya Luis Salom pada 2017 lalu. Demi meningkatkan keselamatan pebalap lintasan tersebut kini mengikuti layout untuk Formula One (F1).




"Saya tidak tahu apa yang terjadi, karena Barcelona mengatakan kami ingin kembali ke layout normal untuk sepeda motor di dua tikungan (tanpa chicane) dan mereka membuat banyak pekerjaan untuk daerah run-off. Tetapi mengapa kita masih memiliki (tikungan 10) ini?" Kata Rossi dikutip dari Crash.

"Saya mencoba bertarung di tikungan 'Sirkuit Catalunya', Anda dapat menikung dengan baik ke sisi kiri. Tetapi untuk beberapa alasan mengapa kami masih menggunakan tikungan ini dan itu seperti tempat parkir mobil di supermarket!"

"Jadi bagi saya itu bukan tikungan lintasan balap. Dengan tikungan seperti itu akan lebih mudah terjadi insiden layaknya tadi," ungkapnya.

(pur/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com