detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 17 Jun 2019 17:33 WIB

Sembur Lorenzo, Dovizioso: Dia Tidak Berpikir Jernih

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Andrea Dovizioso kesal dengan ulah Jorge Lorenzo yang menyebabkan kecelakaan domino di MotoGP Catalunya. (Foto: Lluis Gene / AFP) Andrea Dovizioso kesal dengan ulah Jorge Lorenzo yang menyebabkan kecelakaan domino di MotoGP Catalunya. (Foto: Lluis Gene / AFP)
Montmelo - Andrea Dovizioso mengkritik Jorge Lorenzo terkait kecelakaan domino di MotoGP Catalunya. Dovizioso menilai Lorenzo tak berpikir jernih saat melakukan aksinya.

Rider Repsol Honda itu jatuh di putaran awal ketika balapan menjanjikan duel seru di baris depan. Imbasnya, Lorenzo menghantam Maverick Vinales dan Dovizioso, kemudian Valentino Rossi sehingga keempatnya gagal finis.

Insiden tersebut menguntungkan Marc Marquez yang pada prosesnya tak terhambat untuk melintasi garis finis pertama. Dengan demikian, Dovizioso kian jauh tertinggal dengan Marquez setelah terpaut 37 poin di klasemen.


Dovizioso menjelaskan situasi ketika kecelakaan itu terjadi. Menurut rider Ducati itu Lorenzo sudah membuat kesalahan besar.

"Cukup jelas apa yang telah terjadi," Dovizioso mengatakan dikutip Autosport. "Jorge dalam posisi yang bagus, dia mendapatkan posisi yang bagus saat start, soal kecepatan tidak terlalu jauh dan dia sangat ingin berada di barisan depan pada awalnya, dan dia melakukan sebuah kesalahan besar."

"Di tikungan itu memang sangat mudah membuat kesalahan karena tikungannya di persneling satu dan Anda harus langsung kembali [dalam arah sebaliknya]," lanjut dia.


"Jadi sebuah kesalahan kecil saja di akhir bisa menjadi sebuah kesalahan besar. Dia tidak berpikir jernih ketika itu, karena dia ingin menyalip Maverick, tapi tidak tidak melihat di mana dia mengerem karena Maverick telat mengerem. Dia kelamaan membuka gas dan dia mengerem lebih lambat daripada Maverick, jadi akhirnya dia terlalu kencang dan dia berada di sisi dalam."

"Kesalahan itu, kalau Anda melihatnya dari sudut pandang seorang pebalap memang tidak terlalu besar, tapi melakukannya di tikungan itu di putaran kedua adalah sebuah kesalahan besar. Jadi dari seorang juara seperti dia, itu adalah sebuah kesalahan besar dan ini menciptakan sebuah perubahan besar di kejuaraan karena banyak pebalap yang kencang yang bertarung dalam perebutan gelar juara tidak mendapat poin, dan Marc menang," sungut Dovi.



Sembur Lorenzo, Dovizioso: Dia Tidak Berpikir Jernih
(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com