detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 25 Jun 2019 20:21 WIB

Saatnya Menguji Ketelitian Para Rider di MotoGP Belanda

Yanu Arifin - detikSport
MotoGP Belanda akan digeber di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2019). (Foto: REUTERS/Yves Herman) MotoGP Belanda akan digeber di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2019). (Foto: REUTERS/Yves Herman)
Assen - Seri MotoGP Belanda akan digeber akhir pekan ini. Balapan di Negeri Tulip akan menuntut ketelitian para rider.

Setelah MotoGP Catalunya menghadirkan drama, selanjutnya MotoGP Belanda yang akan digeber pada Minggu (30/6/2019). Sirkuit Assen akan menjadi arena pacu Marc Marquez dkk.

Marquez, rider Repsol Honda, mewanti-wanti tentang sulitnya MotoGP Belanda. Trek Sirkuit Assen yang dikenal cukup tricky dinilai sangat menuntut ketelitian para rider.

"Assen adalah sirkuit di mana anda harus sangat teliti dan sulit konsisten di sana. Bisa oke saat mengubah arah laju motor dengan cepat sangatlah penting untuk tampik baik di Assen," kata Marquez seperti dilansir Crash.




Trek Assen sendiri cukup unik. Treknya cukup sempit dan punya banyak tikungan cepat. Minimnya ruang untuk bermanuver memaksa para rider berusaha menyalip lawan dengan cara mengubah arah laju motornya ke kiri atau ke kanan.

Sulitnya MotoGP Belanda pun terlihat dari daftar pemenangnya. Sejak 2013, pemenangnya silih berganti dengan Marquez dua kali menang pada 2014 dan 2018, Valentino Rossi juara pada 2013, 2015, dan 2017, dan Jack Miller sekali pada 2016.

Dalam beberapa musim, MotoGP Belanda juga kerap menghadirkan drama. Yang paling diingat tentu senggolan Marquez dan Rossi.




"Saya tak sabar bisa balapan di sana lagi, di mana kami punya memori persaingan yang bagus di masa lalu dan akan memberikan pertunjukkan yang hebat," ucap Marquez.

"Saya yakin kami akan punya balapan yang hebat pada Minggu nanti. Cuacanya juga terlihat bagus jadi saya percaya diri kami punya akhir pekan yang bagus," ungkapnya.

Saat ini, Marquez sementara memimpin klasemen pebalap dengan 140 poin, diikuti rider Ducati Andrea Dovizioso (103), rider Suzuki Alex Rins (101).


(yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com