detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 30 Jun 2019 23:23 WIB

Vinales Menangi MotoGP Belanda, 4 Pabrikan Sudah Raih Podium Pertama

Yanu Arifin - detikSport
MotoGP Belanda dimenangi Vinales, disusul Marquez (kiri) dan Quartararo (kanan). (Foto: Piroschka Van De Wouw/Reuters)
Jakarta - Rider Monster Energy Yamaha Maverick Vinales memenangi MotoGP Belanda. Keberhasilan itu membuat empat pabrikan sudah meraih podium pertama di MotoGP 2019.

Vinales menjadi yang tercepat di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (30/6/2019). Rider berusia 24 tahun itu mencatat waktu 40 menit 55,415 detik, mengungguli pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan joki tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Keberhasilan Vinales membuktikan MotoGP 2019 berlangsung seru sejauh ini. Pasalnya, Vinales membawa Yamaha menjadi pabrikan keempat yang meraih podium pertama sejauh ini.




Dari delapan balapan perdana, empat pabrikan sudah menjadi pemenang yakni Honda, Ducati, Suzuki, dan terakhir Yamaha. Catatan ini menjadi yang pertama di era MotoGP, di mana ada empat pabrikan bisa menjadi pemenang di delapan seri pertama.

Musim ini, 4 pabrikan itu sudah menghadirkan lima pebalap yang menjadi pemenang. Dovizioso (Ducati) sekali menang, Marquez (Honda) 4 kali, Alex Rins (Suzuki) sekali, Petrucci (Ducati) sekali, dan Vinales sekali.

Sejauh ini, Marquez masih memimpin klasemen pebalap dengan 160 poin, diikuti Dovizioso (116), Petrucci (108), Rins (101), dan Valentino Rossi (72), Fabio Quartararo (67), dan Vinales (65).


Baca juga: Duh, Rossi
(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com