detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 07 Jul 2019 13:50 WIB

Rossi: Cuaca dan Kondisi Lintasan Akan Krusial di MotoGP Jerman

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Valentino Rossi start dari posisi 11 di MotoGP Jerman. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi start dari posisi 11 di MotoGP Jerman. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Valentino Rossi merasa situasinya di MotoGP Jerman lebih baik ketimbang di Belanda. Kini dia, juga para pebalap lain, menanti kondisi lintasan saat balapan.

Rossi akan memulai balapan MotoGP Jerman, Minggu (7/7/2019) malam WIB dari posisi 11. Rider Monster Energy Yamaha itu hanya mencatatkan waktu terbaik satu menit 21,137 detik pada kualifikasi, Sabtu (6/7), yang mana berjarak 0,942 detik dari Marc Marquez sebagai pebalap tercepat.




Situasi memang sedang tak baik untuk Rossi. Sejak sesi latihan bebas pertama ia kesulitan untuk kompetitif. Dari latihan bebas 1-3, pebalap 40 tahun ini berturut-turut menempati posisi tiga, 10, dan 11.

Padahal ia perlu segera mendapatkan momentum karena sudah tiga seri terakhir gagal finis. Rossi saat ini tercecer di posisi lima kejuaraan dunia dengan 72 poin, di belakang Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Alex Rins.

Fabio Quartararo dan Maverick Vinales berpotensi menyalip Rossi di seri Jerman ini karena cuma tertinggal lima dan tujuh poin. Quartararo start di posisi dua sedangkan Vinales ketiga.

"Dengan ban soft, saya kepayahan. Saya tak terlalu cepat di putaran terbaik. Saya mampu lanjut ke Q2 tapi sayangnya mengalami kecelakaan kecil di akhir Q1. Saya merasakan sedikit getaran di bagian depan dan kehilangan kontrol ban depan," ujar Rossi usai kualifikasi.




"Saya tak melihat datanya, tapi mungkin saya masuk tikungan terlalu kencang. Tim saya bekerja dengan baik karena mereka memulihkan motor pertama dalam waktu singkat."

"Tapi di Q2 saya sedikit bermasalah, kecepatannya sedikit menurun. Saya harus start di baris keempat yang mana selalu sulit, terutama di trek ini. Tapi kita lihat saja," imbuhnya seperti dilansir Crash.

Meski demikian Rossi merasa situasinya saat ini masih lebih baik ketimbang di Belanda pekan lalu, di mana ia start di grid 14. Boleh jadi ada peluang untuk menyodok jauh ke depan, tergantung pada cuaca dan kondisi lintasan.

"Saya merasa lebih baik ketimbang di Assen. Dalam hal laju, saya sedikit lebih kuat. Kami memodifikasi sesuatu di motor dan sedikit meningkat. Kami akan coba besok," sambungnya.




"Juga tampaknya kondisi lintasan akan sangat berbeda besok, jadi kami perlu melihat apakah bakal basah, kering, dingin, panas. Lalu ada pemilihan ban. Dengan temperatur yang lebih rendah, banyak hal berubah," tandas Rossi.

Simak Video "Tercepat di Kualifikasi MotoGP Jerman, Marquez Start Terdepan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed