detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 07 Jul 2019 20:07 WIB

Dominan, Marc Marquez Juara (Lagi) di MotoGP Jerman

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Marc Marquez juara MotoGP Jerman. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse) Marc Marquez juara MotoGP Jerman. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)
Jakarta - Marc Marquez tanpa lawan di MotoGP Jerman. Rider Repsol Honda itu memimpin sejak awal hingga akhir, tak tersentuh, untuk lanjutan rangkaian kemenangan.

Meski agak kendur saat start, Marquez berhasil mempertahankan posisi terdepan selepas tikungan pertama pada balapan di Sachsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB. Fabio Quartararo yang start dari posisi kedua tercecer, lalu terjatuh di putaran kedua.

Alex Rins lantas sempat menempati posisi kedua disusul Maverick Vinales. Rins yang menjaga posisi dengan baik, kemudian harus mengakhiri balapan lebih cepat karena terjatuh di putaran ke-19.

Sejak saat itu tiga posisi terdepan tak berubah lagi. Marquez nyaman memimpin hingga melintasi garis finis, sementara Vinales sukses meredam tekanan Cal Crutchlow.



Buat Marquez, ini adalah kemenangan ke-10 di Sachsenring sepanjang kariernya. Tujuh kemenangan diraih di MotoGP, sementara dua di Moto2 dan satu sisanya di kelas 125cc.

Jalannya Balapan

Selepas start, Marquez mempertahankan posisi terdepan disusul Vinales, Miller, dan Rins. Rins kemudian melewati Miller sebelum lap pertama tuntas, Quartararo tercecer ke posisi tujuh.

Di putaran kedua, Quartararo terjatuh saat keluar dari tikungan tiga. Vinales, Rins, Miller, dan Crutchlow di lima besar. Sementara Petrucci dan Dovizioso di posisi 6-7, Rossi di urutan sembilan.

Rins menyalip Vinales untuk posisi dua di putaran keempat. Marquez di titik ini sudah membuka jarak hingga setengah detik.

Marquez terus tancap gas dan sudah memimpin satu detik darik Rins di posisi dua pada putaran ketujuh. Setelah itu Crutchlow merebut posisi empat dari Miller, sementara Dovizioso melewati Petrucci untuk mendapatkan posisi enam.

Di putaran ke-11, Marquez semakin nyaman memimpin balapan dengan keunggulan 2,2 detik atas Rins. Crutchlow terus menekan Vinales, sementara itu Rossi berupaya menyalip Franco Morbidelli di posisi delapan.

Petrucci menyalip Dovizioso pada tikungan 12 di putaran 13. Tak ada perubahan lain di 10 besar sampai tahap ini.

Di putaran ke-15 atau tepat separuh jalannya balapan, Marquez sudah sejauh tiga detik dari Rins. Petrucci melewati Miller untuk posisi lima, kemudian diikuti Dovizioso yang merebut posisi enam. Dua putaran berikutnya, Joan Mir menyalip Rossi dan mengambil alih posisi sembilan.

Rins jatuh! Rider Suzuki itu kehilangan kendali ban depan dan meluncur ke luar lintasan di putaran ke-19. Vinales naik ke posisi dua. Rekan setim Rins, Joan Mir, menyalip Dovizioso di lap 21.



Di putaran ke-25, Marquez sendirian di depan sementara Vinales dan Crutchlow jauh tertinggal di posisi 2-3. Petrucci dan Dovizioso berturut-turut ada di urutan 4-5. Miller, Mir, Rossi, Morbidelli, dan Aleix Espargaro melengkapi 10 besar.

Dovizioso menyalip Petrucci di putaran ke-27 untuk mendapatkan posisi empat. Pertarungan ini sempat coba dimanfaatkan Miller, yang berhasil merebut posisi lima dari Petrucci.

Petrucci tak menyerah. Ia menyalip Miller di putaran ke-29, lalu melewati Dovizioso di lap terakhir! Posisi empat dipertahankannya sampai garis finis.

Marquez tampil sebagai juara, disusul Vinales dan Crutchlow. Petrucci finis keempat, disusul Dovizioso, Miller, Mir, Rossi, Morbidelli, dan Bradl.



Simak Video "Tercepat di Kualifikasi MotoGP Jerman, Marquez Start Terdepan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed