detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 08 Jul 2019 11:51 WIB

Salip Tidak Ya? Salip Tidak Ya? Quartararo pun Jatuh ke Pelukan Gravel

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Fabio Quartararo terjatuh di MotoGP Jerman. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Fabio Quartararo terjatuh di MotoGP Jerman. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Fabio Quartararo mendapatkan pelajaran berharga dari MotoGP Jerman. Ragu-ragu menyalip lawan bisa berujung meluncur ke luar lintasan.

Quartararo memulai balapan MotoGP Jerman di Sachsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB dari posisi dua. Startnya kurang ideal, sehingga sempat tercecer ke posisi tujuh.

Tapi lajunya yang bagus membuat rider Petronas Yamaha itu mencoba menebus kesalahan sesegera mungkin. Nahas, di putaran kedua saat hendak menyerang Danilo Petrucci, Quartararo malah terjatuh di jalur keluar tikungan tiga.




Maka balapan Quartararo pun berakhir lebih cepat, sementara mimpinya meraih podium ketiga beruntun ikut kandas. Pebalap 20 tahun itu sebelumnya finis kedua dan ketiga di Catalunya dan Belanda.

Itu merupakan crash pertama Quartararo di MotoGP, yang disebutnya memberikan pelajaran berharga ke depannya.

"Saya jelas membuat kesalahan. Start saya tak terlalu buruk sebenarnya, tapi sayangnya saya kelewatan ganti gigi di trek lurus dan tak mengerem sebagaimana yang saya inginkan di tikungan pertama," ungkap pebalap asal Prancis itu.




"Lalu di lap kedua, saya mencoba melewati Petrucci tapi agak terlalu ragu-ragu apakah mau melakukannya atau tidak. Pada akhirnya malah masuk tikungan dengan sudut terlalu tajam, terlalu kencang, dan kehilangan kontrol ban depan."

"Jadi ya, ini adalah kesalahan pertama di balapan, crash yang pertama. Tapi kami belajar sesuatu hari ini: jangan ragu-ragu menyalip. Buat saya ini adalah pengalaman yang bagus, jadi kami akan beranjak dari sini dengan banyak hal untuk ke depannya dan bangkit dengan lebih tangguh."

"Sejujurnya, kami punya kecepatan yang sangat bagus untuk bertarung dengan pebalap-pebalap di depan. Tapi ya situasi memang tak bisa terus-terusan positif untuk kami dan tak pernah negatif. Hari ini kami jatuh, kami melihat Alex (Rins) jatuh juga, jadi pada akhirnya beberapa pebalap bersuka cita hari ini dan sebelumnya saya sudah berbahagia," tandas sang rookie seperti dikutip Crash.




Tercepat di Kualifikasi MotoGP Jerman, Marquez Start Terdepan:

[Gambas:Video 20detik]

(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed