detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Jul 2019 06:52 WIB

Bos Yamaha: Tanpa Rossi, MotoGP Tetap Jalan Terus

Okdwitya Karina Sari - detikSport
MotoGP diyakini akan tetap jalan terus sekalipun Valentino Rossi pensiun nanti. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images) MotoGP diyakini akan tetap jalan terus sekalipun Valentino Rossi pensiun nanti. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta - Pebalap legendaris Valentino Rossi bisa saja segera pensiun dari balapan MotoGP. Namun, MotoGP diyakini tidak akan kehilangan daya tarik usai ditinggal Rossi.

Rumor pensiun Rossi mencuat karena komentar bos Yamaha, Lin Jarvis. Dikatakan Jarvis, masa depan Yamaha tidak lagi bersama rider Italia itu.

Rossi sedang kesulitan di musim ini usai baru dua kali naik podium dan sudah tiga kali retired dalam sembilan balapan pertama. Pebalap berusia 40 tahun itu juga belum lagi bisa menyumbang kemenangan bagi Yamaha sejak Assen 2017. Dengan demikian, peluang Rossi untuk meraih gelar juara dunia kesepuluh dalam kariernya pun diragukan bisa tercapai.


Kontrak Rossi dengan Yamaha baru akan berakhir pada 2020, ketika usianya 41 tahun. Rossi memungkinkan gantung helm di akhir musim ini, atau setelah memenuhi kontraknya.

Meski begitu, Jarvis percaya MotoGP tidak akan kehilangan pamornya setelah Rossi pensiun nanti. Jarvis membandingkan dengan balap F1 usai Michae Schumacher pensiun.

"Saya pikir begitu," jawab Jarvis, saat ditanya apakah MotoGP sudah siap ketika Rossi pensiun nanti. "Kapanpun seorang juara di sebuah olahraga berhenti, sudah pasti. Sudah ada contohnya, di Formula 1, ketika insiden tragis Ayrton Senna terjadi, tapi toh balapannya terus berlanjut. Balapan terus bertahan, seperti juga ketika Michael Scumacher pensiun."


Rossi menjadi salah satu pebalap ikonik MotoGP dengan basis besar penggemar di seluruh dunia. Jarvis menilai, MotoGP tetap tidak akan kehilangan penonton di sirkuit.

"Kalau Anda pergi ke sirkuit-sirkuit dunia saat ini dan menghitung ada berapa banyak kaus kuning, Anda akan berpikir kalau Valentino pensiun, jumlah pengunjung akan turun 50 atau 60 persen. Namun, saya tidak berpikir demikian," sambung Jarvis kepada Motorsport-Total.

"Di MotoGP, kualitas balapannya sangat tinggi sekarang dengan enam pabrikan yang terlibat, banyak perusahaan besar, jadi olahraganya akan berlanjut. Sudah pasti Rossi akan dirindukan, tapi hidup kan terus berlanjut, dan saya pikir dia tetap akan terlibat di dalam olahraga ini."



Simak Video "Kebersamaan Rossi dan Yamaha di MotoGP Segera Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com