detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 04 Agu 2019 01:20 WIB

Rins: Marquez Tak Hormati Pebalap Lain

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Alex Rins menyebut Marc Marquez tidak menghormati pebalap lain usai serangkaian insiden di kualifikasi MotoGP Republik Ceko. (Foto: Michael Cizek / AFP)
Brno - Rider Suzuki Alex Rins kesal dengan kelakuan Marc Marquez di kualifikasi MotoGP Republik Ceko. Rins menyebut Marquez tidak menghormati lawan-lawannya.

Pada kualifikasi di Sirkuit Brno, Sabtu (3/8/2019), Rins dan Marquez terlibat aksi saling salip, yang begitu dekat sebelum memasuki pit. 'Duel' itu berlanjut ketika berada pitlane, di mana Marquez mendorong Rins untuk memberi ruang sekaligus menghindari dinding pembatas.

Setelah berganti ban slick di lintasan yang mulai mengering, rider Repsol Honda itu kemudian melesat. Di putaran terakhir, Marquez membukukan 2 menit 2,753 detik untuk meraih pole position dengan keunggulan 2,5 detik dari Jack Miller di posisi kedua.


Sementara itu Rins harus puas start di baris kedua. Pebalap Spanyol itu menempati urutan keenam dengan selisih 3,4 detik dari Marquez.

"Tadi itu adalah hal yang tricky karena sudah pasti [Marc] sekarang satu langkah di depan semua orang," Rins mengatakan dilansir Crash. "Dia memakai ban slick dan dia sangat kencang. Tapi kurasa dia tidak menghormati pebalap lain. Dia itu membalap seenaknya."


"Aku akan menjelaskan apa yang terjadi: Di tikungan 5, dia sedikit melebar dan di belakang dia ada Miller dan aku. Ketika dia melebar, dia menengok ke belakang, dan melihat Jack dan aku. Jack kemudian menyalip dia, tapi dia kemudian kembali ke jalur dan betul dia menggangguku. Aku kan sedang berusaha. Aku tidak cukup kencang, tapi aku sedang berusaha."

"Jadi di tikungan kiri berikutnya, aku mencoba melakukan jalurku. Dia membuka jalurnya sedikit dan aku masuk. Aku memang mengenai dia, tapi kurasa itu salah dia sendiri; kalau dia pelan dia mesti membuka jalur dan begitu kan," lanjut Rins.

"Tapi bagaimanapun, kemudian di tikungan terakhir dia mengerem sangat keras untuk menyalipku [kembali]. Kemudian kami masuk ke garasi dan aku di depan dia dan aku melaju lurus dan dia tidak punya ruang untuk berada di sampingku. Kalau aku jadi dia, aku akan berhenti."




Simak Video "Marc Marquez Operasi Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com