detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 23 Agu 2019 15:30 WIB

10 Data dan Fakta tentang MotoGP Inggris

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Data dan fakta MotoGP Inggris. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images) Data dan fakta MotoGP Inggris. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta - MotoGP Inggris 2019 mulai bergulir hari ini (23/8/2019). Ada 10 data dan fakta menarik yang mesti diketahui. Simak di sini.

Balapan ini digelar di Sirkuit Silverstone. Rider Ducati Andrea Dovizioso adalah pemenang edisi terakhir pada 2017, pasalnya tahun lalu balapan dibatalkan karena cuaca buruk terus-menerus.

Jorge Lorenzo merupakan pemenang terbanyak MotoGP Inggris sejak digelar di Silverstone pada 2010. Dalam empat edisi terakhir, balapan dimenangi empat pebalap yang berbeda.


Berikut adalah data dan fakta seputar MotoGP Inggris, sebagaimana dirangkum dari GPOne:

- Kemenangan Andrea Dovizioso di Austria pada akhir pekan lalu adalah yang ke-49 untuk Ducati di MotoGP. Satu kemenangan lagi Ducati akan mencapai 50 kemenangan.

- Balapan di Silverstone, bersama dengan Austin, Barcelona, dan Red Bull Ring, adalah salah satu dari beberapa event di kalender MotoGP di mana GP Formula 1 juga digelar.

- Kemenangan Dovizioso di Silverstone pada 2017 adalah satu-satunya kemenangan Ducati di sirkuit itu sejauh ini.


- Ini adalah musim ke-71 di mana Britania raya menjadi tuan rumah kejuaraan Grand Prix balap motor: 28 lomba digelar di Isle of Man, 23 di Donnington, dan 19 di Silverstone sejauh ini. Hanya Italia, Britania, dan Belanda yang menggelar setidaknya satu GP setiap tahunnya (71 musim beruntun).

- Untuk musim ke-10 beruntun GP Britania akan digelar di Silverstone, menyusul perubahan besar lintasan di 2010.

- Dovizioso, Wayne Gardner, Casey Stoner, dan Valentino Rossi adalah pebalap-pebalap di kelas primer, yang menang di dua sirkuit yang berbeda di Inggris Raya, di Donnington dan Silverstone.

- Dengan panjang 5,9 km, Silverstone adalah lintasan terpanjang di seluruh kejuaraan ini dan bersama Austin menjadi dua sirkuit di mana waktu putarannya lebih dari dua menit.


- Rekor top speed untuk MotoGP di Silverstone adalah 332,4 km/jam, yang dibuat Andrea Iannone di atas motor Ducati pada latihan bebas ketiga di 2015.

- Podium pertama Danilo Petrucci di MotoGP didapat di sini di Silverstone pada 2015, dengan menunggangi Desmosedici dalam naungan Pramac.

- Sirkuitnya, berlokasi sekitar 120 km barat laut London, yang dibangun di atas lapangan terbang Perang Dunia II. Tiga landasan pacu diagonal lapangan terbang itu masih terlihat sampai hari ini.



Simak Video "Hasil MotoGP Thailand: Marquez Juara Dunia 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com