detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 24 Agu 2019 06:07 WIB

Tak Jadi Dihukum, Quartararo Kuasai FP2 MotoGP Inggris

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Fabio Quartararo dianulir hukumannya dan kembali jadi yang tercepat di sesi free practice II MotoGP Inggris (REUTERS/David Klein) Fabio Quartararo dianulir hukumannya dan kembali jadi yang tercepat di sesi free practice II MotoGP Inggris (REUTERS/David Klein)
Northampton - Fabio Quartararo berlega hati usai hukumannya dibatalkan. Alhasil, pebalap Petronas Yamaha itu menggeser Marc Marquez sebagai yang tercepat di Free Practice II MotoGP Inggris.

Quartararo mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas MotoGP yang dihelat di sirkuit Silverstone, Jumat (23/8/2019) malam WIB kemarin. Namun, steward membatalkan hasil tersebut karena Quartararo dianggap melebihi batas kecepatan di T6.

Alhasil, Quartararo pun melorot ke urutan ke-11 dengan waktu 2 menit 00,599 detik atau selisih 1,123 dari Marquez yang berada di posisi teratas. Tak cuma Quartararo, pebalap Monster Yamaha Valentino Rossi juga tidak dimasukkan catatan waktunya karena melewati batas trek.

Tapi, Steward lantas melakukan tinjauan ulang usai sesi free practice tersebut. Setelah melihat tayangan ulang, steward menganulir hukuman itu dan mengembalikan lagi catatan waktu Quartararo 1 menit 59,225 detik.






Catatan waktu itu merupakan rekor lap di sirkuit Silverstone. Dari hasil catatan waktu terbaru, Quartararo unggul 0,251 detik dari Marquez di urutan kedua dan menyapu bersih hari pertama free practice. Sementara posisi ketiga masih ditempati Maverick Vinales dengan selisih 0,540 detik.

Di urutan keempat ada Rossi yang juga dianulir hukumannya sehingga catatan waktunya dikembalikan menjadi 1 menit 59,937 detik atau selisih 0,712 detik dari Quartararo. Pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami, juga dibatalkan hukumannya sehingga naik ke posisi ke-11.





Hasil Free Practice II MotoGP Inggris*


Tak Jadi Dihukum, Quartararo Kuasai FP2 MotoGP InggrisFoto: REUTERS/David Klein
* Hasil pertama Free Practice dianulir

Simak Video "Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Fabio Quartararo Pole!"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com