detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 17 Sep 2019 12:04 WIB

Membandingkan Quartararo dengan Rookie-rookie Terbaik MotoGP

Doni Wahyudi - detikSport
Fabio Quartararo sudah empat kali naik podium di musim debutnya pada ajang MotoGP (Mirco Lazzari gp/Getty Images) Fabio Quartararo sudah empat kali naik podium di musim debutnya pada ajang MotoGP (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Fabio Quartararo belum sekalipun memenangi balapan MotoGP pada musim debutnya tahun ini. Tapi penampilan yang impresif membuat dia disandingkan dengan para legenda.

Quartararo finis kedua pada MotoGP San Marino setelah memberikan perlawanan ulet pada Marc Marquez. Mendominasi balapan dengan terus berada di posisi depan, rider 20 tahun asal Prancis itu akhirnya harus menyerah setelah diserang Marquez di lap terakhir.

Itu merupakan kali kedua Quartararo jadi runner up di musim 2019, yang merupakan musim debutnya. Total dia sudah empat kali naik podium, di mana dua lainnya finis posisi tiga.



Capaian-capaian tersebut membuatnya dianggap sebagai salah satu rookie terbaik di kelas rajanya balap motor. Kemenangan memang belum dia dapat, tapi bukan tak mungkin dia bisa meraihnya pada enam race tersisa di 2019 ini.

Bagaimana Quartararo dibandingkan dengan rookie-rookie terbaik di kelas MotoGP dan 500cc?

Rookie terbaik kelas MotoGP, tak terbantahkan lagi, adalah Marquez. Saat pertama terjun di musim 2013 dia langsung menggondol gelar juara dunia. Pada musim itu Marquez meraih enam kemenangan, 16 podium, 9 pole position dan 11 fastets lap.

Juga punya rekor mentereng di tahun debut kelas MotoGP adalah Jorge Lorenzo. Jadi pendatang baru di Yamaha pada 2008, dia malah bisa mengusik Valentino Rossi yang saat itu jadi ikon MotoGP. Lorenzo meraih satu kemenangan dan total enam kali naik podium.

Marquez masih jadi rookie terbaik di kelas MotoGP, di 2013 dia langsung jadi juara dunia meski berstatus pendatang baruMarquez masih jadi rookie terbaik di kelas MotoGP, di 2013 dia langsung jadi juara dunia meski berstatus pendatang baru (Mirco Lazzari gp/Getty Images)




Kalau tidak gagal finis di empat seri, Lorenzo bisa saja menuntaskan musim lebih baik dibanding posisi empat yang dia tempati kala itu.

Dani Pedrosa juga mencuri perhatian di tahun debutnya. Dua kemenangan dan delapan podium diraih rider Honda itu pada musim 2006.

Bagaimana dengan Valentino Rossi?

Ketika naik ke kelas 500cc pada tahun 2000, Rossi langsung jadi runner up juara dunia. Dua kemenangan didapat The Doctor bersama Nastro Azzuro Honda, di mana sepanjang musim tersebut dia juga merasakan 10 kali naik podium dan mencatat lima fastest lap.



Membandingkan Quartararo dengan Rookie-rookie Terbaik MotoGP


Simak Video "Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Fabio Quartararo Pole!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com