detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 18 Sep 2019 08:26 WIB

KTM Copot Johann Zarco, Tunjuk Mika Kallio sebagai Pengganti

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
KTM copot Johann Zarco dari posisi pebalap. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) KTM copot Johann Zarco dari posisi pebalap. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Johann Zarco tak akan turun ke lintasan lagi sebagai pebalap KTM di sisa musim MotoGP 2019. Ia digantikan oleh Mika Kallio mulai MotoGP Aragon akhir pekan ini.

Zarco dan KTM sebelumnya mengumumkan untuk pisah jalan di akhir musim 2019 ini. Padahal keduanya baru memulai kerja sama di musim ini, dengan kontrak dua tahun.


Pebalap asal Prancis itu sejauh ini memang kesulitan beradaptasi dengan motor KTM. Dari 13 seri yang sudah dilalui, Zarco hanya sekali finis di 10 besar dan tiga kali gagal finis.

Ia berada di posisi 16 klasemen pebalap dengan baru mengumpulkan 27 poin. Sementara rekan setimnya yakni Pol Espargaro punya 50 poin lebih banyak.

Dalam pernyataan terbarunya, KTM mengumumkan bahwa Zarco dibebaskan dari posisi pebalap untuk sisa musim ini. POsisinya akan digantikan pebalap penguji, Mika Kallio.


"Red Bull KTM akan menurunkan pebalap uji saat ini, Mika Kallio, bersama Pol Espargaro untuk sisa musim MotoGP 2019. Johann dan KTM sepakat memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja di akhir 2019, tapi pengembangan-pengembangan dan pekerjaan yang tengah berjalan disesuaikan kembali," ungkap pernyataan KTM.

"Pebalap asal Prancis itu akan dibebaskan dari tugas-tugas di MotoGP, tapi tetap terikat kontrak dengan KTM hingga akhir musim," demikian seperti dilansir Crash.

Kallio bukanlah nama asing di MotoGP. Pebalap 36 tahun ini pernah dua musim jadi pebalap Ducati di kelas primer, pada musim 2009 dan 2010.


Ia kemudian turun ke kelas Moto2 pada 2011 dan berkiprah di sana sampai 2015 silam. Selepasnya, pria Finlandia itu menjadi pebalap penguji KTM.

Simak Video "Tak Perlu Antre, Kartu KMT Disambut Positif Pengguna KRL"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com