detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 10 Okt 2019 22:25 WIB

MotoGP Umumkan Kembalinya Seri Brasil Mulai 2022

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
MotoGP umumkan digelarnya seri Brasil mulai 2022. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP umumkan digelarnya seri Brasil mulai 2022. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Terjawab sudah siapa pemilik satu slot tambahan di kalender MotoGP 2022. Brasil diumumkan menjadi tuan rumah untuk lima musim.

MotoGP sebelumnya telah mengumumkan bahwa akan menggelar 22 balapan mulai 2022. Jumlah itu tiga lebih banyak dari seri yang digelar musim ini.

Tahun depan Finlandia akan jadi tuan rumah. Sementara mulai 2021, Indonesia sudah mendapatkan kontrak untuk satu slot tambahan.


Nah, untuk 2022 sempat ada dugaan bahwa Portugal yang mendapatkan jatah slot ekstra. Namun ternyata MotoGP mengumumkan Brasil sebagai pemilik jatah tersebut.

Dipilihnya Brasil sebagai tuan rumah sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Karena tahun lalu Dorna sudah meneken kesepakatan awal untuk MotoGP kembali ke sana di 2021, yang kemudian kepastiannya molor hingga baru diumumkan hari Kamis (10/10/2019) ini.

Trek baru akan dibangun di daerah Deodoro dengan panjang 4,5 km, memiliki tujuh tikungan ke kiri dan enam tikungan ke kanan. Diperkirakan waktu putarannya akan ada di kisaran satu menit 38 detik untuk kelas MotoGP.


"Saya sangat bangga bisa mengumumkan bahwa MotoGP akan kembali digelar di Rio de Janeiro, salah satu kota yang sangat ikonik di dunia dan di negara yang menakjubkan," ungkap CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

"Brasil adalah pasar penting untuk motor, balapan motor, dan olahraga otomotif, dengan sejarah yang bisa dibanggakan dan juga ke depannya sehingga saya antusias ingin melihat MotoGP memainkan peran vital seiring kembalinya kami di 2022," imbuhnya seperti dilansir Crash.

Ini menandai kembalinya MotoGP ke Brasil setelah 18 tahun. GP Rio de Janeiro digelar pada 1995-2004 silam, sementara sebelumnya juga ada GP Brasil di Goiana pada 1987-1989 lalu di Interlagos pada 1992.



Simak Video "Laga Perserang vs Cilegon United Ricuh"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com