detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 16 Okt 2019 08:46 WIB

Quartararo Bisa Kunci Gelar Rookie of The Year di MotoGP Jepang

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Jakarta - Rider Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, semakin dekat dengan gelar Rookie of The Year. Ia bisa memastikan gelar tersebut di MotoGP Jepang akhir pekan ini.

Quartararo sejak awal sudah dibebani target oleh tim Yamaha Petronas agar merebut gelar Rookie Terbaik MotoGP 2019. Ia pun kini menjadi unggulan untuk meraih titel tersebut.

Pebalap berusia 20 tahun itu menjadi rookie dengan peringkat tertinggi saat ini, yakni di posisi ketujuh klasemen pebalap. Quartararo juga menjadi satu-satunya rookie di musim ini yang bisa naik podium, yaitu sebanyak lima kali.

Quartararo sudah meraih 143 poin, atau unggul 85 angka dari debutan lainnya Joan Mir. Rider asal Prancis itu hanya perlu berjarak 75 poin dari Mir untuk mengunci gelar tersebut selepas balapan MotoGP Jepang, Minggu (20/10/2019).


"Kami tetap bekerja dengan cara seperti yang kami lakukan beberapa pekan lalu, dan mencoba menantang diri untuk posisi yang oke dan menargetkan podium," ujar Quartararo dikutip dari Crash.

"Kami juga membidik gelar Rookie Terbaik MotoGP 2019 dengan Motegi sebagai tempat pertama titel tersebut bisa dimenangi, namun kami juga tidak terburu-buru kok untuk itu," tambahnya.

"Kami sudah menyaksikan kalau Marc Marquez sangat cepat di Motegi dalam beberapa tahun belakangan, tetapi saya juga sangat cepat di sirkuit ini musim lalu. Tentu saja ini akan terasa luar biasa dapat menunggangi motor kelas MotoGP di sana," ungkapnya.

Selain unggul di antara sesama pebalap rookie musim ini, Quartararo turut memimpin klasemen tim satelit MotoGP 2019. Ia pun hanya berjarak dua poin dengan Valentino Rossi yang ada di peringkat keenam klasemen.

Pencapaian Para Rookie MotoGP 2019 Sampai Saat ini:

1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), peringkat ke-7 dengan 143 poin
2. Joan Mir (Suzuki Estrac), peringkat ke-13 dengan 58 poin
3. Francesco Bagnaia (Pramac Racing), peringkat ke-15 dengan 34 poin
4. Miguel Oliviera (KTM), peringkat ke-17 dengan 29 poin


Quartararo Bisa Kunci Gelar Rookie of The Year di MotoGP Jepang


Simak Video "Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Fabio Quartararo Pole!"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com